Cara Memesan Tiket KAI Satu Gerbong, Begini Langkah Teknisnya

| 04 Jul 2024 19:31
Cara Memesan Tiket KAI Satu Gerbong, Begini Langkah Teknisnya
Ilustrasi gerbong kereta. (Foto: Antara)

ERA.id - Salah satu moda transportasi favorit yang kerap digunakan masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, adalah kereta api. Selain menawarkan harga relatif terjangkau per tempat duduk, ketepatan waktu yang dijanjikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuat transportasi ini mendapat banyak peminat. Namun, bagaimana cara pesan tiket KAI satu gerbong?

Cara Pesan Tiket KAI Satu Gerbong

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengungkapkan bahwa KLB (Kereta Luar Biasa) dapat disewa dengan mengajukan surat permohonan berisi jadwal perjalanan, jumlah penumpang, dan relasi. Selanjutnya, pihak KAI akan memeriksa ketersediaan rangkaian gerbong dan memberi penawaran tarif.

"Masyarakat yang ingin menyewa KLB bisa menghubungi contact center KAI melalui telepon 121, WhatsApp (WA) 08111-2111-121, email [email protected], media sosial @KAI121, atau customer service (CS) di seluruh stasiun,” ungkap Joni dalam keterangan resmi pada tahun lalu.

Jika selanjutnya terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak, PT KAI akan membuat berita acara. Dalam berita acara akan tertuang jumlah uang muka (down payment) atau DP yang harus dilunasi. Pendaftaran booking satu gerbong kereta api atau lebih harus dilakukan maksimal H-7 sebelum keberangkatan sebab perlu menyediakan semua aspek pelayanan secara maksimal.

“Diharapkan, hadirnya layanan KLB ini bisa dipergunakan masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api secara lebih eksklusif dan aman, nyaman, serta sehat. KAI terus berkomitmen untuk selalu memberi layanan terbaik bagi masyarakat,” lanjut Joni.

Ilustrasi gerbong kereta api. (ANTARA/HO/KA Daop 8 Surabaya)

Berapa Biaya Sewa Satu Gerbong Kereta Api?

Pada tahun lalu, sekitar Mei 2023, seperti yang diungkapkan pula oleh Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono, rombongan siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung menyewa satu rangkaian kereta api kelas eksekutif yang terdiri dari tujuh gerbong. Adapun masing-masing gerbong memiliki kapasitas 50 orang atau total sebanyak 350 orang yang terdaftar.

Sedangkan untuk tarif booking satu gerbong kereta api, Mahendro menyebutkan bahwa KLB yang digunakan SMAN 3 Bandung setara dengan kelas Argo. Harga tiket yang diberikan berkisar pada angka Rp600.000 per orang. Sehingga, biaya yang perlu disiapkan oleh pihak sekolah tersebut mencapai nilai Rp210 juta.

Mahendro juga menjelaskan bahwa tarif KLB lebih tinggi daripada kereta reguler. Harga yang dicantumkan pun bervariatif, tidak hanya tersedia untuk kelas eksekutif, melainkan ada juga kelas bisnis dan ekonomi. Kelas wisata seperti luxury, panoramic, serta sleeper juga dapat disewa, tetapi gerbong akan dirangkai atau digabungkan dengan kereta api reguler.

Booking satu gerbong kereta api dapat menjadi pilihan terbaik untuk masyarakat yang hendak mendapatkan privasi dan kenyamanan lebih. Calon penumpang juga bisa menentukan jadwal keberangkatan, rute, hingga tambahan fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan budget. Dengan demikian, pengalaman perjalanan akan terasa lebih menyenangkan dan meninggalkan kesan.

Selain KA Argo Wilis dengan rute Surabaya – Bandung (PP), ada juga tipe kereta lain yang akan menjadi transportasi perjalanan masyarakat, misalnya KA Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya – Gambir (PP), KA Argo Lawu dari Solo – Gambir (PP), atau KA Argo Muria menuju Semarang – Gambir (PP).

Nah, demikianlah cara pesan tiket KAI satu gerbong yang bisa dilakukan oleh siapa pun yang ingin mendapatkan kenyamanan dalam perjalanan. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi