Viral Pemotor Tak Pakai Helm Berkendara Lawan Arah di Tol MBZ

| 19 Jun 2024 16:15
Viral Pemotor Tak Pakai Helm Berkendara Lawan Arah di Tol MBZ
Ilustrasi lalu lintas. (Dok. Polda Metro Jaya)

ERA.id - Viral di media sosial seorang pengendara sepeda motor berkendara melawan arah di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ).

Dalam video yang dilihat di akun Instagram @depok24jam, pemotor tersebut melaju lawan arah di bahu jalan tol MBZ. Pengendara sepeda motor itu juga tidak menggunakan helm.

Pengendara ini nekat melaju lawan arah padahal dari arah berlawanan banyak kendaraan roda empat yang melintas dengan kecepatan tinggi. 

Dikonfirmasi, Kainduk PJR Cikampek Kompol Deny Yuda Hermawan mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Rabu (19/6/2024) pagi tadi. Pengendara sepeda motor, R lawan arah untuk menghindari petugas.

"(Dia masuk lewat) Karawang Barat, dari jalur arteri. Kita sayangkan itu tadi, mungkin karena dia panik nggak bawa helm mungkin ya, karena mungkin dia nggak bawa identitas juga, makanya dia menghindari petugas," kata Deny kepada wartawan, Rabu (19/6/2024). 

Aksi membahayakan R tidak menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Pengendara sepeda motor ini mengaku masuk ke Tol MBZ karena mengikutinya google maps.

Deny mengatakan pemotor itu ditilang karena melanggar Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

"Kita kasih tilang karena kan membahayakan itu masuk jalur yang bukan peruntukannya. Yang jelas melanggar rambu karena kan bukan jalur yang diperuntukkan. Karena kan bukan jalur yang diambil kan sudah ada rambunya itu kalau masuk tol," jelasnya. 

Rekomendasi