1.872 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Demo Tolak Tapera di Patung Kuda

| 27 Jun 2024 14:00
1.872 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Demo Tolak Tapera di Patung Kuda
Aksi Demo Tolak Tapera di Patung Kuda Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024). (Voi.id/Rizky Sulistio)

ERA.id - Sebanyak 1.872 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan demo menolak tabungan perumahan rakyat (Tapera) dan UU Cipta Kerja di Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (27/6/2024) hari ini.

"Dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa dari beberapa elemen di Patung Kuda dan Kemenkeu kami melibatkan 1.872 personel," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Jalan Medan Merdeka Barat dari Patung Kuda menuju Istana Negara telah ditutup. Susatyo menyebut rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan. 

Mantan Kapolres Bogor Kota ini mengimbau kepada para peserta aksi untuk tertib ketika menyampaikan pendapat di muka umum.

Dia pun meminta seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif dan mengendepankan negosiasi. Lalu juga tidak terpancing provokasi dan bersikap humanis.

"Tidak ada yang membawa senjata api. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus, ikhlas dan humanis," ucapnya.

Rekomendasi