1.626 Personel Gabungan Amankan Demo Tolak Tapera di Patung Kuda Hari Ini

| 06 Jun 2024 10:01
1.626 Personel Gabungan Amankan Demo Tolak Tapera di Patung Kuda Hari Ini
Ilustrasi personel polri siap amankan demo di Patung Kuda Jakpus. (Antara)

ERA.id - Sejumlah massa buruh akan berunjuk rasa menolak tabungan perumahan rakyat (Tapera) di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat (Jakpus) pada Kamis (6/6/2024) hari ini. Sebanyak 1.626 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan demo tersebut.

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 1.626 personel gabungan yang nantinya akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis (6/6/2024).

Rekayasa lalu lintas bersifat situasional atau melihat kondisi di lapangan. Bila dilakukan rekayasa lalu lintas, kawasan lampu lalu lintas atau traffic light (TL) Harmoni menuju Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup. 

Jalan Perwira arah ke Jalan Medan Merdeka Utara juga akan ditutup. Lalu dilakukan penutupan di Jalan Abdul Muis dan Jalan Medan Merdeka Selatan. Penutupan juga akan dilakukan di kawasan TL Sarinah dan arus lalu lintas menuju Jalan Medan Merdeka Barat.

"Seluruh Personel yang terlibat Pengamanan tidak ada yang membawa senjata api. Tidak ada gerakan lainnya, perintah dan kendali dari saya sebagai Kapamwil," ujarnya.

Diketahui, buruh akan berunjuk rasa dari sekira pukul 10.00 WIB. Massa awalnya akan kumpul terlebih dahulu di sekitaran Balai Kota Jakarta. Setelah itu, mereka semua long march ke Patung Kuda.

Selain menolak Tapera, buruh juga akan menyuarakan penolakan terkait uang kuliah tunggal (UKT) mahal, KRIS BPJS, omnibus law UU Cipta Kerja, dan outsourcing.

Tags :
Rekomendasi