1.477 Personel Gabungan Amankan Demo Buruh di Patung Kuda Jakpus Hari Ini

| 17 Jul 2024 12:45
1.477 Personel Gabungan Amankan Demo Buruh di Patung Kuda Jakpus Hari Ini
Ilustrasi pengamanan demo di Patung Kuda Jakarta. (Antara)

ERA.id - Sejumlah buruh akan melakukan unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat (Jakpus), Rabu (17/7/2024) hari ini. Sebanyak 1.477 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan demontrasi ini.

"Untuk pengamanan aksi elemen masyarakat di bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 1.477 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Personel gabungan itu terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait. Para personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Patung Kuda, Monas, dan Istana Negara.

Pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi massa aksi masuk ke dalam Istana Negara.

Untuk rekayasa arus lalu lintas di sekitar Patung Kuda dan beberapa lokasi lain bersifat situasional, atau melihat kondisi massa di lapangan.

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Barat akan dialihkan," ujar Susatyo.

Mantan Kapolres Bogor Kota ini mengingatkan kepada seluruh personel untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, dan humanis.

Susatyo juga mengimbau ke para koordinator lapangan dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

"Personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata, hormati dan hargai saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya di muka umum dengan humanis dan profesional," jelas Susatyo. 

Rekomendasi