Hari Ini Ribuan Aparat Akan Jaga Demonstrasi BEM Seluruh Indonesia di Patung Kuda Jakpus

| 22 Jul 2024 10:27
Hari Ini Ribuan Aparat Akan Jaga Demonstrasi BEM Seluruh Indonesia di Patung Kuda Jakpus
Ilustrasi demonstran di Jakarta. (Antara)

ERA.id - Sebanyak 1.231 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan demontrasi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat (Jakpus), Senin (22/7/2024) hari ini.

"Untuk pengamanan aksi elemen masyarakat di bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 1.231 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Senin (22/7/2024).

Personel gabungan itu dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan Pemda DKI. Para personel akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar Bundaran Patung Kuda hingga depan Istana Negara.

Susatyo menambahkan, pihaknya juga telah mencegah massa masuk ke dalam Istana Negara. Sementara untuk rekayasa arus lalu lintas di sekitar Patung Kuda, bersifat situasional atau melihat kondisi massa di lapangan.

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Barat akan dialihkan," ujar Susatyo.

Mantan Kapolres Bogor Kota ini mengingatkan kepada seluruh personel untuk selalu bertindak persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi, mengedepankan negosiasi, dan humanis.

Para koordinator lapangan (korlap) dan orator juga diminta untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain," ucap Susatyo.

Rekomendasi