Tabung Gas 12 Kg Meledak di Perumahan Jakbar, 2 Rumah Hancur dan 10 Bangunan Rusak

| 01 Aug 2024 15:00
Tabung Gas 12 Kg Meledak di Perumahan Jakbar, 2 Rumah Hancur dan 10 Bangunan Rusak
Ilustrasi tabung gas mengeluarkan api. (shutterstock)

ERA.id - Tabung gas elpiji 12 kilogram (kg) meledak di sebuah rumah di Perumahan Taman Kencana, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), Kamis (1/8/2024) pagi tadi. Akibat ledakan ini, belasan rumah rusak.

"(Ledakan tabung gas elpiji) mengakibatkan dua bangunan rumah hancur dan sekitar 10 rumah dan 1 musala terdampak ledakan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Kamis (1/8/2024).

Kerusakan rumah atau bangunan dari ledakan ini berbeda-beda. Ada yang kaca jendelanya pecah, kemudian plafonnya roboh. Ada juga rumah yang pintunya rusak, tembok retak, hingga kerusakan di genteng.

Ledakan ini juga mengakibatkan tiga unit mobil warga rusak.

Terpisah, Kapolsek Cengkareng, Kompol Hasoloan Situmorang mengatakan tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Namun, sebanyak tiga orang mengalami luka-luka.

"Untuk korban jiwa nihil, untuk korban luka ada tiga orang yang seluruhnya sudah dievakuasi dan dalam penanganan tenaga medis di rumah sakit," ucap Hasoloan.

Polisi pun mengimbau warga untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menyalakan kompor.

Kemudian, warga juga diminta untuk selalu memastikan tidak ada nyala api di kompor ketika mengganti tabung gas elpiji.

Warga juga diimbau memakai regulator gas berlogo SNI dan memastikan klem terpasang erat pada kedua ujung selang. Terakhir, warga diminta tidak meninggalkan kompor ketika sedang memasak.

Rekomendasi