Temui Fauzi Bowo, Ridwan Kamil Ungkap Terima Banyak Masukan Soal Kepemimpinan Jakarta

| 05 Sep 2024 06:25
Temui Fauzi Bowo, Ridwan Kamil Ungkap Terima Banyak Masukan Soal Kepemimpinan Jakarta
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) menemui Fauzi Bowo atau Foke. (Dok. Tim Media Ridwan Kamil).

ERA.id - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) menemui Fauzi Bowo atau Foke yang merupakan mantan Gubernur Jakarta. Menurut Ridwan, Foke menjadi sosok yang memberikan inspirasi dalam menyusun program maupun gagasan untuk membangun Jakarta yang sudah tak berstatus ibu kota lagi. 

"Kita sebagai orang yang punya niat ingin mempelajari, belajar tentang apa itu Jakarta tentunya yang paling pas adalah kepada para gubernur terdahulu, salah satunya Bang Foke yang punya pengalaman luar biasa," kata Ridwan di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2024).

"Saya berinteraksi dengan beliau saat masih menjabat sebagai kepala dinas pariwisata, sekda, gubernur," sambungnya.

Dalam pertemuan itu, Ridwan dan Foke sempat bersama-sama mengelilingi Setu Babakan yang menjadi pusat kebudayaan Betawi. Ia mengaku mendapat banyak masukan dari Foke jika nantinya terpilih menjadi Gubernur Jakarta.

"Wejangan-wejangannya, satu, tentu harus amanah ya jadi pemimpin. Kedua harus mencintai masyarakat dengan segala permasalahannya karena tugas pemimpin kan membantu dan menyelesaikan masalah-masalahnya. Harus visioner mengatasi banjir di utara, tadi kita bahas ya," ungkap Ridwan.

"Beberapa hal lainnya adalah tentang infrastruktur, tentang budaya, tentang hal lain yang sifatnya sosiologis," tambah mantan Gubernur Jawa Barat itu.

Dalam kesempatan yang sama, Foke mengatakan bahwa ia senang disambangi oleh calon gubernur Jakarta yang bersedia mendengarkan masukan darinya. 

"Jadi memang ada permintaan untuk bertemu dari para calon gubernur dan calon wakil gubernur. Kemudian kewajiban saya adalah memberikan informasi sebanyak mungkin. Tapi kewajiban saya untuk memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai sejarah kota Jakarta, mengenai infrastruktur yang ada di Jakarta, mengenai sosial budayanya, mengenai sosial kemasyarakatannya, ekonominya, dan lain sebagainya," ujar Foke yang pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012.

Rekomendasi