Cagub DKI Dharma Pongrekun: Selama Internet Indonesia Tidak Mandiri Pasti Akan Bocor Datanya

| 06 Oct 2024 23:57
Cagub DKI Dharma Pongrekun: Selama Internet Indonesia Tidak Mandiri Pasti Akan Bocor Datanya
Cagub DKI Dharma Pongrekun. (Antara)

ERA.id - Calon Gubernur DKI nomor urut 2, Dharma Pongrekun mengatakan bahwa Indonesia harus mandiri soal internet agar tidak terjadi kebocoran. Hal itu diungkapkan ia saat debat cagub-cawagub DKI Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, (6/10/2024).

"Saya mohon Indonesia menjadi mandiri internet, selama internetnya tidak mandiri maka selama itu pula bocor semua seribu kali kita mengganti password apapun yang kita lakukan bocor," katanya. 

Dengan demikian, ia menegaskan bahwa tidak ada satupun di ruang cyber ini yang aman contoh PDN (pusat data nasional) saja kebocoran. 

"Makanya dibilang artificial intelligence. Artifical intelligence itu artinya apa, alat intelijen, alat yang memata-matai. Tanpa kita sadari, dosa kita ada semua di gadget, makanya kalau ada kasus diambil gadgetnya stresnya setengah mati," ungkapnya. 

Peserta debat tersebut adalah pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.

KPU DKI Jakarta telah menjadwalkan debat tahap dua Cagub-Cawagub di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November. 

Rekomendasi