Kantong Setiap Ketua RW di Jakarta Akan Diisi Rp200 Juta kalau Ridwan Kamil Jadi Gubernur?

| 07 Oct 2024 11:28
Kantong Setiap Ketua RW di Jakarta Akan Diisi Rp200 Juta kalau Ridwan Kamil Jadi Gubernur?
Ridwan Kamil-Suswono. (Antara)

ERA.id - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menjelaskan program R200 juta untuk setiap RW yang wilayahnya berada di DKI Jakarta.

Kata Emil, uang Rp200 juta tersebut tidak berbentuk cash atau tunai yang dipegang langsung oleh RW, tapi melalui proposal yang diajukan ke kelurahan masing-masing.

"Dengan cara diberi anggaran Rp200 juta per tahun per RW total Rp1 miliar selama lima tahun, insentif RT, RW, Dasawisma, PKK, Posyandu semuanya dinaikkan," kata Emil dalam debat cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta 2024, Minggu kemarin.

Ridwan meyakini dengan anggaran tersebut mereka dapat mendesain masa depannya sendiri. "Gubernur bisa ngurus yang besar-besar di level ujung bisa oleh lurah dan para RW yang diberdayakan, " katanya.

"Tidaklah mungkin urusan DKI dibereskan sentralisasi dari Balaikota. Konsep RIDO adalah DKI, Desentralisasi, Kolaborasi, Inovasi," katanya.

Ridwan menyebutkan kelurahan itu adalah ujung aparatur sipil negara (ASN) di bawahnya ada RW, maka dari itu pihaknya akan demokratisasi warga Jakarta yang pintar untuk mendesain sendiri versi globalnya mereka.

Rekomendasi