Transjakarta Luncurkan Terobosan Baru, Modelnya Begini

| 12 Feb 2025 21:11
Transjakarta Luncurkan Terobosan Baru, Modelnya Begini
PT Era Media Sejahtera Tbk saat meneken kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

ERA.id - PT Era Media Sejahtera Tbk dengan bangga mengumumkan kerja sama strategis dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), perusahaan daerah yang mengoperasikan sistem Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Melalui kolaborasi ini, SSPACE akan menghadirkan Media Digital Totem di 10 halte Transjakarta, menawarkan solusi iklan digital inovatif di salah satu jaringan transportasi terbesar di Jakarta. Media aset Digital Totem, sebagai bagian dari Digital Out-of-Home (DOOH), yang sedang dirancang untuk terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI).

Sistem ini secara otomatis menyesuaikan tampilan layar dan materi iklan berdasarkan kondisi lingkungan, seperti cuaca, waktu, dan tingkat keramaian. Selain itu, Digital Totem juga akan berfungsi sebagai layar interaktif yang memungkinkan komunikasi dua arah serta pengalaman interaktif bagi pelanggan. Dengan fitur ini, brand dapat memanfaatkan Digital Totem untuk aktivasi yang lebih efektif, mendorong keterlibatan audiens, dan meningkatkan konversi melalui iklan yang ditampilkan.

Dengan inovasi media aset yang dimiliki, SSPACE melihat potensi besar dalam iklan transit di Jakarta, mengingat platform transportasi publik dapat memberikan peluang bagi pengiklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. SSPACE melihat potensi besar dalam ekosistem Transjakarta, yang melayani lebih dari 1,3 juta pelanggan setiap hari dan mencakup 91,7% wilayah Jakarta melalui 231 rute. Dengan jangkauan luas dan mobilitas tinggi, Transjakarta menjadi lokasi strategis untuk pengembangan media periklanan yang lebih efektif dan inovatif.

Sebagai langkah awal, Perseroan akan melakukan ekspansi dan penyebaran secara eksklusif di 10 halte titik awal dan akhir, serta area perkantoran dan rekreasi, yaitu: Petukangan Utara, Pulo Gadung, Kalideres, Pinang Ranti, Kampung Melayu, Lebak Bulus, Cawang Uki, CSW, Juanda, dan Ragunan, yang totalnya mencatatkan lebih dari 37 juta penumpang per bulan.

Selain Digital Totem, Perseroan juga akan memperkenalkan berbagai bentuk media digital lainnya, seperti digital indoor, digital outdoor, naming rights halte, activation, vending machine, digital signage, passenger information system, event space, dan shooting. Kerjasama ini diharapkan akan memberikan kemudahan bagi para brand serta menjadi investasi yang menguntungkan bagi brand yang ingin menjangkau berbagai target audiens.

Vicktor Aritonang, Direktur Utama SSPACE, menyatakan, “Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami untuk memberikan layanan periklanan yang tidak hanya kreatif, tetapi juga relevan dengan perkembangan zaman. Kehadiran Media Digital Totem di halte Transjakarta akan membuka dimensi baru dalam cara Brand besar dan Brand lokal berkomunikasi dengan pelanggan mereka, sekaligus meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menggunakan transportasi publik.”

Fadly Hasan, Direktur Bisnis dan Pemanfaatan Aset Transjakarta, membahkan, “Kerja sama ini sejalan dengan visi kami untuk menjadikan halte Transjakarta lebih dari sekadar titik transit, tetapi juga sebagai ruang interaksi yang modern dan bernilai tambah. Dengan dukungan SSPACE, kami optimis bahwa inovasi media digital di halte-halte kami tidak hanya akan meningkatkan pengalaman penumpang, tetapi juga membuka peluang baru bagi brand untuk berkomunikasi secara lebih efektif dengan masyarakat.”

Rekomendasi