Akibat Longsor, Jalan Padang-Bukittinggi 'Terputus' Sementara

Tim Editor

Ilustrasi longsor (Dok. Antara)

ERA.id - Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kota Padang menuju Bukittinggi, Sumatera Barat, tepatnya di Bukik Apiak, Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, terputus untuk sementara waktu akibat tertimbun material longsor semenjak Kamis (10/12) pagi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan arus lalu lintas untuk sementara dialihkan ke Padang Panjang.

"Material tanah longsor berbatuan itu masih menimbun badan jalan, sehingga jalan ditutup," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (12/12/2020).

Ia mengatakan, jalan itu kembali dibuka setelah material tanah longsor selesai dibersihkan. Pembersihan material itu menggunakan dua alat berat jenis ekskavator dan loader milik Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruang Sumbar. Pembersihan material itu sempat terganggu akibat tanah longsor itu masih terjadi.

"Longsor masih terjadi, karena material berasal dari berbatuan yang mudah turun," katanya.

Ia mengakui lokasi itu rawan longsor apabila curah hujan tinggi melanda daerah itu akibat tanah masih labil. Sebelumnya, tanah longsor juga melanda daerah itu pada November 2020 dan beberapa bulan yang lalu.

"Lokasi sering dilanda tanah longsor saat curah hujan tinggi melanda daerah itu," katanya.

Dengan kondisi itu, Syafrizal mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah itu dengan cara mencari lokasi aman dan tidak melanjutkan perjalanan saat hujan.

"Segera berhenti di lokasi aman saat hujan melanda daerah itu," katanya.

Tag: tanah longsor jalanan rusak longsor padang

Bagikan: