Kronologi Rizieq Shihab Hampir Pingsan Sesak Nafas: Diungkap Pengacara, Dibantah Polisi

Tim Editor

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (Dok. Humas Polri)

ERA.id - Polisi meluruskan kabar yang mengatakan bahwa pihak Polda Metro Jaya tak sigap saat Imam Besar FPI Rizieq Shihab mengalami sesak nafas akibat asam lambungnya yang kambuh. 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tabung oksigen saat Rizieq mengeluhkan sesak nafas. Bahkan menurut Yusri, Rizieq juga sudah menyiapkan tabung oksigennya sendiri.

"Memang dia ada sedikit ngedrop. Selama ini Rizieq kemana kemana pun, itu pengakuan dia, itu bawa tabung oksigen. Kemarin pada saat dia kurang enak badan karena ada asam lambung kita siapkan oksigen. Makanya pengacaranya itu salah," ujar Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Yusri menjelaskan, sekitar pukul 23.00 WIB, pihaknya langsung memberikan pelayanan medis saat Rizieq mengeluhkan sesak nafas. Namun, saat pihak Polda Mentri Jaya menawarkan tabung oksigen yang ada, Rizieq menolak dengan alasan lebih nyaman memakai tabung oksigen pribadinya.

Menurut Yursi, pengecekan kesehatan terhadap Rizieq juga sudah dilakukan sesuai dengan standar operasional (SOP) yang ada. Selain didampingi tim kesehatan Polda Metro Jaya, Rizieq juga ditangani oleh pihak luar.

"Kita (sesuai) SOP untuk kesehatan dia. Bukan hanya Polda (Polda Metro Jaya), MERC juga dia minta didampingi.  Dia minta didampingi oleh dokter pribadinya dari MERC," papar Yusri.

Adapun kondisi kesehatan Rizieq saat ini, menurut Yusri, dalam keadaan baik. Pihak Polda Metro Jaya juga memperbolehkan Rizieq membawa tabung oksigennya sendiri.  

"Sehat nggak ada masalah. Dia sekarang baru dicek lagi sama tim kesehatan dia dan sama kita dia punya oksigen 98 persen sendiri. Oke kita kasih," kata Yusri.

"Cuma pengacaranya saja yang bilang tabung nggak dikasih itu tidak benar. Ada CCTV semuanya. Datang ke sini tidak, tapi asal ngomong," imbuhnya.

Sebelumnya, pengacara Rizieq, Sugito Atmo Prawiro mengabarkan bahwa kliennya mengalami sesak nafas akibat penyakit asam lambungnya yang kambuh. Rizieq, katanya, sempat meminta tolong, namun petugas Polda Metro Jaya lamban memberikan pertolongan.

Tag: habib rizieq shihab sakit rizieq shihab sakit rizieq shihab ditahan

Bagikan: