Jakarta Diguyur Hujan Sejak Pagi, Pintu Air Pasar Ikan Siaga II Banjir

| 24 Jan 2021 10:34
Jakarta Diguyur Hujan Sejak Pagi, Pintu Air Pasar Ikan Siaga II Banjir
Pintu Air Pasar Ikan (Beritajakarta)

ERA.id - Wilayah DKI Jakarta diguyur hujan deras sejak pagi. Tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara, berstatus Siaga II banjir dengan ketinggian 220 sentimeter (cm) pada Minggu (24/1/2021) pagi.

Berdasarkan laman resmi media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta BPBD, Twitter yang dikutip dari Antara, Minggu (24//1), kronologi kenaikan Pintu Air Pasar Ikan ke Siaga II terjadi pukul 03.00 WIB.

Kenaikan permukaan air terjadi bertahap seiring dengan hujan yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Minggu dini hari. 

BPBD DKI mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi kenaikan permukaan air di Pintu Pasar Ikan tersebut. Antisipasi tersebut khususnya harus dilakukan di wilayah yang kemungkinan terdampak, yakni Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan Pintu Air Pasar Ikan yakni menyebarluaskan informasi melalui media sosial, pemberitahuan kepada lurah dan camat.

"Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir atau PKLG Dinas SDA kecamatan," bunyi imbauan BPBD DKI.

Selain itu, masyarakat juga diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menginformasikan peringatan dini cuaca wilayah Jakarta bahwa masih berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat hingga pukul 10.00 WIB.

Rekomendasi