Pengunjung Pasar Tanah Abang Melonjak, Anies Baswedan: Hari Ini Ada 100 Ribu Orang

| 02 May 2021 20:00
Pengunjung Pasar Tanah Abang Melonjak, Anies Baswedan: Hari Ini Ada 100 Ribu Orang
Anies Baswedan (Dok. Antara)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut terjadi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dalam dua hari terakhir ini. Menurutnya, pada Minggu (2/5/2021) pengunjung di pusat grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut mencapai 100 ribu orang.

Padahal, kata Anies, di hari-hari sebelumnya pengunjung hanya berjumlah 30 ribu orang saja. Hal itu disampaikan usai meninjau penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 bersama Kapolda Metro Jaya Fadil Imran dan Panglima Kodam Jaya Dudung Abdurachman di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021).

"Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35 ribu orang jadi 87 ribu. Hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies.

Melihat data tersebut, Anies pun mengeluarkan aturan baru untuk menjaga dan menertibkan kondisi pasar agar lebih menaati protokol kesehatan. Sebab, membludaknya jumlah pengunjung berpotensi menimbulkan klaster baru Covid-19.

Salah satu aturan yang diberlakukan yaitu penutupan pasar secara bergantian. "Mulai sore ini pasar akan ditutup dibagi ada yang jam 16.00 dan tutup jam 17.00 untuk menghindari keluar bersamaan dan kemudian menuju ke titik yang hampir sama," kata Anies.

Untuk pengawasan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Pasar Tanah Abang dilakukan dengan mengerahkan sekitar 2.500 personel terdiri atas unsur kepolisian, TNI dan Satpol PP.

"Pengendalian dilakukan kerahkan sekitar 2500 personel, terdiri dari, Polisi ada Brimob Sabhara. Dari TNI ada dari Koodam, dari Angkatan AL marinir, angkatan Udara Paskhas, dan juga satpol PP diterjunkan untuk menjaga ketertiban prokes," pungkasnya.

Rekomendasi