Jokowi Bareng Dubes China Tinjau Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Selesai Akhir Tahun Depan

Tim Editor

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5/2021) siang.

Jokowi didampingi Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhur Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, beserta Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi.

Melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, lokasi pertama yang dikunjungi Jokowi yakni Casting Yard #1 Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.


Kemudian, dilanjutkan ke lokasi kedua yakni Tunnel #1 Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang ada di Kelurahan Jaticempaka, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan perkembangan proyek tersebut hingga pertengahan April 2021 lalu mencapai 70 persen. Kemungkinan proyek Kereta Cepat ini akan selesai pada akhir tahun depan.

“Perkembangannya sudah 70 persen. Ini kita harap untuk penyelesaian 30 persennya tidak mengalami kendala, sehingga target selesai pada Desember 2022 dapat tercapai,” ujar Dwiyana.

Dwiyana menyebut pengiriman 180 batang rel dari Cilacap, Jawa Tengah untuk proses pembangunan selanjutnya Kereta Cepat ini telah tiba di Bandung, Jawa Barat.

Jokowi berharap nantinya kereta cepat bisa terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

"Saya berharap bisa terintegrasi dengan LRT di Jakarta, MRT di Jakarta sehingga bisa efisien," ucap Jokowi.

Tag: kereta cepat Presiden Joko Widodo

Bagikan: