Berawal 2 Orang, Akhirnya Puluhan Warga Perum II Parung Panjang Positif COVID-19

| 25 May 2021 21:45
Berawal 2 Orang, Akhirnya Puluhan Warga Perum II Parung Panjang Positif COVID-19
Ilustrasi

ERA.id - Puluhan warga dalam satu perumahan di Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor positif covid-19 dari hasil tes antigen. Diduga, mereka terpapar saat kegiatan silaturahmi Idulfitri.

Camat Parung Panjang Icang Aliudin mengatakan kasus itu bermula dari 4 orang yang melakukan buka bersama di luar lingkungan perumahan pada 11 Mei 2021. Beberapa hari kemudian, tiga orang diantaranya mengalami badan sakit, meriang disertai batuk pilek.

"Tanggal 16 Mei ada salah satu orang yang gejalanya semakin parah. Tanggal 19 Mei dibawa ke rumah sakit dan dites PCR," kata Icang, Selasa (25/5/2021).

Hasil tes swab PCR warga tersebut pun keluar dan dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19. Dari situ, yang bersangkutan menjalani perawatan salah satu rumah sakit di wilayah Tanggerang pada 22 Mei 2021.

"Kalau yang lainnya hanya berobat biasa ke klinik dan beraktifitas seperti biasa dengan warga sekitar dan melakukan halal bihalal dengan warga selama perayaan Idulfitri kemarin," ungkap Icang.

Karena gejala yang dialami tidak kunjung membaik, dua orang lainnya berserta keluarga masing-masing melakukan tes antigen dan hasilnya positif covid-19.

"Beberapa warga yang merasa kontak dan merasakan gejala akhirnya berinisiatif melakukan pemeriksaan tes swab antigen yang hasilnya total ada 14 orang dinyatakan positif swab antigen," tambahnya.

Tim Satgas Covid-19 bersama Puskesmas lantas melakukan tracing dan didapati 43 orang kontak erat untuk menjalani tes antigen pada 23 Mei 2021. Dari hasil tes tersebut, didapat 5 orang positif covid-19.

"Dari 38 yang negatif, 8 orang sebagai suspek karena mengalami gejala klinis covid-19 dan didaftarkan swab PCR. Jadi total kasus menjadi 20 orang positif dari swab antigen melakukan isolasi mandiri dan 1 orang positif PCR dirawat di rumah sakit," tutup Icang.

Rekomendasi