Pasien Membludak, RS Wisma Atlet Pagi Ini Mengkhawatirkan

| 22 Jun 2021 15:03
Pasien Membludak, RS Wisma Atlet Pagi Ini Mengkhawatirkan
RSD Wisma Atlet (Antara)

ERA.id - Ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, makin menipis. Kini hanya tersisa 992 tempat tidur atau 13,42 persen dari total kapasitas.

"Update RSDC pagi ini mengkhawatirkan. Waspada," kata Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Letkol Laut Muhammad Arifin, kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

RSD Wisma Atlet akan menambahkan tempat tidur khusus pada ruang Unit Gawat Darurat (UGD). Penambahan ini akan diatur di Tower 6 lantai dasar dan Tower 7 lantai dasar.

“Tower 6 lantai dasar akan disetting untuk penambahan bed, kemudian Tower 7 juga lantai dasar akan ditambahkan bed untuk menambah kapasitas UGD kita,” sambungnya.

Arifin menambahkan pada Tower 6 nantinya bisa ditambah sampai 10 bed. Sementara, pada tower 7 dapat ditambahkan sekitar 20 bed.

“Penambahan untuk tower 6 lantai dasar 8-10 bed untuk UGD. Untuk tower 7 bisa ditambahkan sampai 20 bed. Semoga bisa segera dilakukan,” lanjutnya

Adapun penambahan bed untuk UGD tersebut didasarkan bahwa banyaknya pasien yang butuh penanganan khusus di ruang UGD sebelum mendapatkan penanganan lanjutan. Lebih jauh, katanya pasien kebanyakan memiliki keluhan desaturasi.

“Saat ini di lapangan banyak desaturasi. Sehingga (penambahan bed) bisa membantu orang yang kekurangan oksigen, Yang penting ada oksigen, infus, tiang infus, minimal tertolong di awal dulu,” tutupnya.

Rekomendasi