PPKM Mikro di Jakarta, Pasar Baru Tetap Buka sampai Jam 4 Sore

| 05 Jul 2021 15:26
PPKM Mikro di Jakarta, Pasar Baru Tetap Buka sampai Jam 4 Sore
Pasar Baru (Antara

ERA.id - Pusat belanja Pasar Baru, Jakarta Pusat,  sepi dari aktivitas terlihat dari  pemandangan di toko sepatu, tekstil, hingga toko ritel seperti Matahari dan Ramayana yang tutup pada hari ketiga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, Senin (5/7/2021).

Di sepanjang kawasan, hanya terlihat minimarket, kedai makanan dan toko optik yang buka, meskipun belum tampak adanya pengunjung.

"Ada satu toko kain yang buka, tapi sudah izin hanya sementara karena pembeli mau ambil pesanan," kata Kusnadi, salah satu petugas jaga di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin.

Namun, pemandangan berbeda ketika memasuki pintu selatan Pasar Baru, atau yang berdekatan dengan Gedung Atom dan Jalan H. Samanhudi.

Belasan lapak pedagang menjajakan barang, seperti tas, ikat pinggang, celana jeans, masker dan buah-buahan.

Salah satu pedagang tas, Iwan (51), mengaku tidak ada larangan dari petugas, seperti Satpol PP untuk berjualan di kawasan Pasar Baru.

"Tidak dilarang, paling-paling petugas Satpol PP hanya razia masker," kata Iwan.

Lapak pedagang sudah mulai buka sekitar pukul 10.00 WIB dan akan tutup sekitar pukul 16.00 WIB.

Di sisi lain, panduan implementasi PPKM Darurat menyebutkan hanya sektor esensial dan kritikal seperti kebutuhan sehari-hari yang diperbolehkan beroperasi. Sementara kegiatan pada pusat perbelanjaan dan pusat perdagangan ditutup.

Rekomendasi