Viral Pasien Isoman COVID-19 di Hotel Jajan Bakso, Ibis Budget Cuma Kena Sanksi Teguran

| 29 Jul 2021 14:47
Viral Pasien Isoman COVID-19 di Hotel Jajan Bakso, Ibis Budget Cuma Kena Sanksi Teguran
Dok. Twitter @areajulid

ERA.id - Viral sebuah foto pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di sebuah hotel di Jakarta Barat makan bakso. Terlihat para pasien COVID itu duduk lesehan sembari menyantap bakso.

Pada foto yang beredar tersebut tampak pasien isoman berada dalam halaman hotel yang dipagar. Mereka terlihat memesan makanan kepada pedagang yang berada di luar hotel.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Barat memberikan teguran tertulis ke pengelola  Hotel Ibis Budget Daan Mogot pascaadanya pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri (isoman) membeli bakso dari seorang pedagang bernama Misun.

“Atas terjadinya kelalaian tersebut, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Barat telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan surat teguran tertulis," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat Dedi Sumardi saat dihubungi wartawan pada  Kamis (29/7/2021).

Hotel yang berada di Jalan Daan Mogot,  Pesing, Grogol Petamburan, Jakarta Barat itu merupakan salah satu rujukan lokasi isolasi nonpemerintah bagi pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG). Kata Dedi, pihaknya telah meminta klarifikasi ke pihak pengelola hotel.

“Kejadian tersebut diakui oleh pihak penanggung jawab sebagai kelalaian dalam hal pengawasan terhadap pasien OTG yang tengah melakukan aktivitas di lingkungan hotel," ujar Dedi.

Sebelumnya, pada foto tersebut terlihat beberapa orang makan di dalam suatu area berpagar, namun lokasinya berada di pinggir jalan.

Foto itu disertai tulisan yang menyatakan bahwa mereka itu merupakan pasien COVID-19 yang tengah makan bakso dari penjual keliling.

"Masalahnya itu abangnya tau gak kalo yang beli pasien Covid semua? Kasian pelanggan selanjutnya yang beli, alat makannya kan bekas pasien COVID-19 dicuci gak pake air ngalir," dikutip dalam tulisan di foto.

Rekomendasi