Tanggapi Hoaks Helikopter Pamer Bendera Komunis, TNI: Tingkatkan Minat Baca

| 06 Aug 2021 14:22
Tanggapi Hoaks Helikopter Pamer Bendera Komunis, TNI: Tingkatkan Minat Baca
Helikopter yang dituduh membawa bendera komunis China

ERA.id - Betapa lucunya seorang warganet yang dengan mudahnya bilang ada helikopter di langit Indonesia secara bebas membawa bendera komunis, bendera China.

Dikutip dari akun @infokomando, info hoaks itu berawal dari sebuah akun TikTok yang belakangan diketahui telah diblokir.

Si perekam video itu mempertanyakan, mengapa helikopter berani membawa bendera merah yang dianggapnya sebagai bendera China.

"Nie maksudnya apa nie ada bendera china ada bendera china dibawa ditarik helikopter ada bendera komunis, bendera komunis dibawa helikopter," tulisnya.

Video itu pun langsung membuat geram netizen. Tak lama, usai viral, TNI Angkatan Udara lewat akun Twitter-nya langsung mengklarifikasi tuduhan warganet tersebut yang ternyata mengada-ada alias hoaks.

"Airmen sekalian, beberapa jam belakangan ini beredar video yang menyebutkan ada helikopter membawa bendera China, bendera komunis. Hal ini tidak benar," tulis akun resmi TNI AU.

Akun tersebut juga bilang, kalau bendera itu adalah milik kesatuannya. "Bendera tersebut adalah lambang-lambang kesatuan TNI, dimana ada lambang Mabes TNI."

Tak lama, pihak TNI pun langsung menyarankan agar masyarakat mestinya meningkatkan minat membaca.

"Demikian sementara yang bisa airmin sampaikan, agar dipahami, dipedomani dan dimengerti. O iya, satu lagi, mari kita tingkatkan minat membaca agar tidak mudah terpancing hoax dan opini-opini menyesatkan yang pada akhirnya akan menyebabkan dosa bersama," tandasnya.

Rekomendasi