Daftar Lokasi dan Syarat Dapatkan Vaksin Pfizer, Efektif 100 Persen Cegah Corona

| 23 Aug 2021 13:17
Daftar Lokasi dan Syarat Dapatkan Vaksin Pfizer, Efektif 100 Persen Cegah Corona
Vaksin Pfizer (Antara)

ERA.id - Pemprov DKI Jakarta mulai memberikan suntikan vaksin Covid-19 jenis Pfizer pada hari ini, Senin (23/8/2021).

Vaksinasi menggunakan vaksin buatan Amerika Serikat ini akan dilakukan di empat lokasi.

Dari informasi yang diperoleh, vaksinasi Pfizer hari ini berlangsung di empat lokasi. Di antaranya Puskesmas Kecamatan Cilandak dan Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus.

Penyuntikan vaksin Pfizer di Puskesmas Kecamatan Cilandak tersebut rencananya akan berlangsung pukul 13.00-14.30 WIB. Selain Cilandak, Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus juga melayani pemberian vaksin Pfizer pukul 09.00-12.00 WIB.

Sementara dua lokasi lainnya, yakni di Badan PPSDM Kementerian Kesehatan, Jalan Hang Jebat, Jakarta Selatan dan Gedung Judo Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Adapun syarat untuk mendapatkan vaksin Pfizer seperti berusia di atas 18 tahun, belum pernah mendapatkan vaksinasi dosis 1 dan tidak melayani booster, memiliki KTP atau domisili di Jakarta dan membawa surat rekomendasi dari dokter bila memiliki komorbid.

"Bagi kamu yang sesuai syarat, silakan mendaftar untuk vaksin Pfizer dengan kuota 60 dosis tiap harinya," tulis isi poster yang diunggah akun Instagram @puskesmaskecamatancilandak.

Sebelumnya, pemerintah RI mendatangkan 1,5 juta dosis vaksin Pfizer. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech dengan nama Comirnaty tersebut menggunakan platform messenger RNA (mRNA).

Dalam konferensi Penerbitan EUA Vaksin Comirnaty, Kamis (15/7), Ketua BPOM Penny Lukito menyatakan BPOM memberikan izin darurat penggunaan darurat vaksin Comirnaty setelah meninjau data hasil uji klinis yang menunjukkan vaksin Covid-19 tersebut secara efektif mencegah Covid-19.

Orang yang mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer, sekitar 95 persen, kecil kemungkinan terkena Covid-19 dibandingkan orang yang tidak mendapat vaksin Covid-19. Efikasi vaksin tersebut dari kelompok orang berusia 65 tahun dan dengan kondisi medis tertentu atau dengan penyakit penyerta (komorbid).

Bahkan, data efikasi vaksin Pfizer menunjukkan 100 persen efektif pada remaja usia 12 tahun ke atas, yang artinya vaksin virus corona ini memberikan perlindungan yang tinggi terhadap Covid-19.

"Efikasi (vaksin Pfizer) Comirnaty untuk orang usia 19 tahun ke atas mencapai 95 persen. Pada usia 12 sampai 15 tahun adalah 100 persen," jelas Penny.

Tags : vaksin pfizer
Rekomendasi