Anies Rencanakan Formula E Digelar di Pulau Reklamasi, Chusnul: Dulu Katanya Banyakan Mudarat ketimbang Manfaatnya

Tim Editor

Ilustrasi-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau penyegelan di Pulau D reklamasi Teluk Jakarta, Jakarta, Kamis (7/6/2018). (Foto: Antara)

ERA.id - Ajang balap Formula E batal digelar di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat karena sejumlah alasan, mulai dari cagar budaya hingga ring satu. Beberapa lokasi yang sempat disebutkan menjadi opsi ialah Pantai Maju Bersama di Pulau Reklamasi hingga Senayan. 

PT Jakarta Propertindo selaku penyelenggara mengatakan telah menyiapkan lima opsi alternatif lokasi penyelenggaraan Formula E. Namun, belum ada penjelasan secara rinci mengena lima lokasi tersebut.

Menanggapi wacana Formula E digelar di Pulau Reklamasi, pegiat media sosial Chusnul Chotimah mengktitik hal tersebut. Menurut dia, sebelumnya Anies gencar menolak reklamasi karena dianggap berdampak buruk pada lingkungan.

"Dulu tolak reklamasi katanya Krn berdampak buruk pd lingkungan, byk mudarat ketimbang manfaatnya. Skrng Anies rencanakan formula E di pulau reklamasi," kata Chusnul di akun Twitternya, Senin (11/10/2021).

Ia pun bertanya apakah Formula E merupakan kampanye lingkungan atau tidak. Chusnul juga menyoroti tidak adanya manfaat Pulau Reklamasi yang sempat diutarakan Anies.

"Jd bertanya2, formula E itu betul2 kampanye lingkungan atau tdk? Reklamasi itu memang ga ada manfaatnya atau tdk? @aniesbaswedan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah adanya unsur politis terkait batalnya penyelenggaraan Formula E di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, seperti yang diungkapkan pengamat politik Ujang Komarudin.

"Nggak ada, gak ada urusan politis, urusan Formula-E itu urusan olahraga dan ini bagaimana kita mendukung Jakarta Langit Biru tanpa polusi," kata Riza di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat.

Adapun lokasi alternatif diselenggarakannya Formula E, Riza menyebutkan, ada lima lokasi yang disiapkan pihak PT Jakarta Propertindo

 (Jakpro) hingga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk balap mobil listrik yang rencananya digelar 2022 mendatang.

Akan tetapi, Riza tidak mau merincinya lebih lanjut, meski sempat terlontar dua di antaranya, yakni di Senayan dan pulau hasil reklamasi (Pantai Kita Maju Bersama).

"Nanti kita tunggu ya, sedang dikoordinasikan dari pihak Formula E nanti yang akan datang, untuk memastikan mana yang terbaik dari pilihan-pilihan alternatif yang ada," kata Riza, Jumat (8/10).

Tag: pulau reklamasi viral anies baswedan formula e Monas formula e batal di monas formula e di pulau reklamasi

Bagikan: