Sepekan Erupsi Gunung Semeru, UNIS Tangerang Tabur Bunga dan Doa Bersama

| 12 Dec 2021 22:12
Dok. UNIS Tangerang

ERA.id - Meletusnya gunung Semeru di Jawa Tengah menarik simpatik banyak elemen. Pasalnya, erupsi gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (MDPL) ini berdampak pada ribuan masyarakat, terutama di wilayah Kabupaten Lumajang.

Aksi simpatik itu muncul salah satunya dari mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himikom) dari kampus tersebut melalukan doa bersama, Sabtu, (11/12/2021).

Ketua Himikom, Muhammad Tegar Rayandra mengatakan, aksi doa bersama tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia.

"Aksi kemanusiaan bentuk kita sesama manusia membantu saudara kita yang sedang dilanda bencana erupsi gunung Semeru," ujar Tagar.

Diketahui, Gunung Semeru meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur 4 kilometer dari puncak. Atau, 2 kilometer dari ujung aliran lava ke arah tenggara di Besuk Kobokan pada Sabtu, (4/12/2021) menjadi awal mula bencana alam yang melanda Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyebutkan korban meninggal akibat awan panas guguran Gunung Semeru menjadi 46 orang. Kemudian, korban luka berat sebanyak 18 orang, dan luka ringan 11 orang sampai Sabtu (11/12).

Lalu, warga yang mengungsi berjumlah 9.118 orang yang terdiri dari penyintas laki-laki sebanyak 4.435 orang dan penyintas perempuan 4.683 orang. Usai doa bersama, para mahasiswa pun melakukan penaburan bunga secara simbolis yang dilakukan para peserta aksi dalam tujuh harian erupsi Gunung Semeru.

"Kita memanjatkan doa karena kekuatan doa insyaallah mustazab, doa bisa menembus langit kepada orang yang kita tuju," paparnya.

"Dalam rangka 7 hari letusan gunung semeru, dan kita mengajak seluruh mahasiswa Unis Tangerang, dan juga Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Syamil Unis Tangerang untuk memimpinkan doa," sambunganya.

Tegar pun berharap, para korban letusan erupsi Semeru diberikan kekuatan oleh Allah SWT dalam menjalani musibah tersebut. "Harapan nya sodara sodara kita diberikan kekuatan dan kesehatan. Kita juga menggalang dana untuk membantu saudara kita disana," pungkasnya.

 

Rekomendasi