Kali Pesanggrahan Jaksel Meluap, 4 RT di Kampung Baru Terendam Banjir

| 17 Dec 2021 11:37
Kali Pesanggrahan Jaksel Meluap, 4 RT di Kampung Baru Terendam Banjir
Kondisi terkini banjir di Kampung Baru, Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Jumat, (17/12/2021). (ANTARA)

ERA.id - Empat Rukun Tetangga (RT) di Kampung Baru, Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, terendam banjir akibat meluapnya Kali Pesanggrahan.

Ketua RT 17/RW 5, Tuti, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, mengatakan, banjir tersebut mulai meninggi sejak Jumat dini hari.

"Lokasi yang terendam di empat RT, tapi yang parah di RT 17, semua rumah terendam. Kalau di RT 14, RT 15, dan RT 15 masih ada rumah yang tidak terendam," ujar dia.

Tuti menjelaskan, hingga Jumat pagi, belum ada warganya yang mengungsi dan lebih memilih bertahan di rumah masing-masing. "Saat ini air banjir sudah mulai berangsur surut," katanya.

Sementara itu, salah satu warga, Akbar saat ditemui di lokasi, mengatakan, ketinggian air banjir awalnya mencapai 20 cm pada Kamis (18/12) sekitar pukul 20.30 WIB.

Kemudian, pada Jumat sekitar pukul 04.00 WIB, ketinggian air banjir sudah mencapai sekitar 90 cm. "Kondisi terkini sudah ada penurunan dan sekarang sudah sekitar 30 cm," katanya.

Akbar menceritakan, banjir tersebut disebabkan meluapnya Kali Pesanggrahan dan lokasi pemukiman berada di tepi kali.

Warga di lokasi tersebut memilih bertahan di rumah masing-masing dan ada yang mulai membersihkan sisa-sisa genangan air dari rumahnya.

Rekomendasi