Balap Formula E Jakarta Bakal Digelar di Ancol, Panitia: Tak Seperti Sirkuit Mandalika

| 23 Dec 2021 11:13
Balap Formula E Jakarta Bakal Digelar di Ancol, Panitia: Tak Seperti Sirkuit Mandalika
Ahmad Sahroni (Diah ayu/era.id)

ERA.id - Kawasan Ancol akhirnya resmi ditunjuk sebagai lokasi balap Formula E World Championship 2022 yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Juni tahun depan.

"Ancol tempat yang dinamis dan ikon Jakarta, selain itu tempat tidak mengganggu prasarana jalan masyarakat yang lain, tertutup untuk pelaksanakaan ada event satu hari pada saat 4 Juni 2022." Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni dalam konfrensi pers yang digelar pada Rabu (22/11).

Lebih lanjut, Sahroni menyebut sirkuit Formula E akan segera dibangun dan diperkirakan akan rampung pada April 2022 mendatang. Pembangunannya sendiri akan mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan oleh FEO dan FIA.

"Ada banyak manfaat saat pelaksanaan di Ancol dimulai baik dari sisi lokasi, pendapatan, branding dan segala macam, itulah kenapa approval FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) dan FEO (Formula E Operations) di Ancol. Dan tidak perlu lagi membangun sirkuit dari nol, karena Formula E beda dengan F1 yang harus dibangun dari awal seperti Mandalika,” tambahnya.

Sahroni menambahkan bahwa dengan trek yang permanen, sirkuit Formula E ini nantinya dapat digunakan untuk berbagai event autosport sepanjang tahun.

Selain itu, Sahroni menekankan bahwa pembangunan trek Formula E ini tidak menggunakan dana APBD atau pun Penyertaan Modal Daerah (PMD). Seluruh dana yang dipakai murni berasal dari Jakpro dan sponsor.

“Pembangunan trek ini menggunakan dana dari Jakpro, yang nantinya akan juga melibatkan sponsor. Jadi, tidak ada pendanaan dari APBD dalam pembangunan ini. Kita gunakan dengan cara merangkul sponsor dan itu dilakukan di seluruh dunia dalam event besar, karena event ini internasional dan semua yang memiliki brand besar pasti ikut andil dalam event yang bagus ini,” ucapnya.

Rekomendasi