Masa Jabatan Anies Baswedan Tinggal Hitungan Bulan, Gerindra Belum Cari Pengganti

| 04 Jan 2022 13:43
Masa Jabatan Anies Baswedan Tinggal Hitungan Bulan, Gerindra Belum Cari Pengganti
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengakhiri jabatannya pada Oktober 2022 medantang. Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku partainya belum membicarakan calon pengganti Anies.

Dasco menjelaskan, keputusan maupun usulan nama-nama calon pengganti Anies dari Partai Gerindra merupakan kewenangan Ahmad Riza Patria selaku ketua DPD DKI Partai Gerindra. Usulan itu kemudian didiskusikan dengan DPP.

"Selain diputuskan dari pusat adalah dari DPD DKI, dalam hal ini ketua DPD DKI-nya adalah Pak Ariza Patria, tentu yang akan berkomentar itu lebih pas Pak Riza setelah kemudian berkomunikasi dengan DPP Partai Gerindra," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Adapun usulan-usulan yang sempat diucapkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra M Taufik bukanlah usulan resmi dari partai, melainkan pendapat pribadi.

"Bahwa kemudian wacana-wacana itu secara pribadi ditimbulkan oleh Pak Taufik itu boleh-boleh saja, tapi tidak bisa dianggap itu adalah statement resmi dari partai," kata Dasco.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik menyoroti sejumlah sosok yang cocok pengganti Anies untuk memimpin Jakarta.

Taufik menyebutkan sejumlah nama, di antaranya mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria; Menteri Investasi Bahlil Lahadalia; mantan Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar; hingga Anggota DPD RI Sylviana Murni.

"Jadi, ke depan, menurut saya, melihat tokoh tadi, insyaallah mampu. Mungkin nanti akan ada tokoh-tokoh lain yang akan muncul," ucap Taufik.

Rekomendasi