PSI Minta Mendagri Transparan Soal Penunjukan Pengganti Anies: Kita Mau Orang yang Kompeten..

| 01 Sep 2022 20:35
PSI Minta Mendagri Transparan Soal Penunjukan Pengganti Anies: Kita Mau Orang yang Kompeten..
Ketua Fraksi PSI DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo (antara)

ERA.id - Ketua Fraksi PSI DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian transparan dan hati-hati dalam penunjukan penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan pada Oktober 2022.

"Pertama kita harus menyadari Pj Gubernur nanti punya masa jabatan yang lumayan lama, bukan hanya hitungan bulan. Jadi penentuan siapa yang akan menjabat harus selektif. Saya rasa perlu ada semacam panitia seleksi yang menjalankan fit and proper test dari Kemendagri," kata Anggara dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/9/2022).

Dia menilai keterbukaan tentang siapa yang dinominasikan dan apa pertimbangan pemilihannya harus dibuat setransparan mungkin.

"Kita mau orang yang kompeten, yang bisa menjalankan pemerintahan dengan baik. Selain itu juga harus bersih, kita tentu tak ingin ada kasus korupsi dalam masa jabatan ini. Kriteria-kriteria ini hanya didapatkan dari proses pemilihan yang transparan dan akuntabel," ujarnya

Dengan demikian, dia berharap dapat ada terobosan yang progresif dari Mendagri terkait hal ini.

"Saya memahami secara aturan penunjukan merupakan hak prerogatif pemerintah pusat, namun kami harap ada langkah progresif untuk menjaga nilai demokrasi dan kualitas pemerintahan," katanya.

Rekomendasi