Aktivis di Jakarta Akan Jaring Nama yang Cocok Mengganti Anies di Pilgub 2024

| 05 Jan 2022 09:18
Aktivis di Jakarta Akan Jaring Nama yang Cocok Mengganti Anies di Pilgub 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berdialog dengan buruh di Balaikota DKI Jakarta beberapa waktu lalu (Dok. Anies)

ERA.id - Lintas Generasi Aktivis (Liga) Jakarta, berniat menjaring nama untuk melanjutkan estafet kepemimpinan di Ibu Kota meneruskan Anies Baswedan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI pada 2024.

Koordinator Liga Jakarta M Syaiful Jihad menyebutkan bahwa estafet kepemimpinan di Ibu Kota mensyaratkan sosok yang memiliki pemaknaan akan kota dan masyarakatnya untuk meneruskan program pembangunan.

"Kami akan menjaring aspirasi masyarakat Jakarta siapa yang layak menggantikan Anies pada Pilgub DKI 2024," ucap Syaiful di Jakarta, Selasa.

Menurut Syaiful, warga Jakarta adalah pemilih rasional, sehingga tidak bisa tiba-tiba  menyodorkan nama calon gubernur (cagub).

Karenanya, ide dan gagasan memunculkan dan menjaring nama calon orang nomor satu di Ibu Kota sudah harus dilakukan saat ini.

Misalnya, kata dia, seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik seperti mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dan tokoh Betawi Bahrullah Akbar.

"Nama-nama ini sangat potensial. Tapi, kami tetap akan menjaring tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi jadi gubernur. Waktu dua tahun waktu yang singkat. Karenanya kami akan lakukan ini untuk memudahkan warga Jakarta memilih cagub," ujar dia.

Nama-nama yang muncul di publik, kata Syaiful, bisa dijadikan pertimbangan bagi partai politik tingkat DKI untuk mengusungnya, termasuk yang disampaikan kepada rakyat yang akan mengusung cagub melalui jalur independen.

"Saat ini kami sedang menyusun mekanisme proses penjaringan. Nama-nama cagub akan kami sampaikan ke 267 kelurahan di Jakarta," ucap dia.

Sebelumnya, penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik mengemukakan pandangannya terkait sosok calon pengganti Anies Baswedan untuk memimpin Ibu kota.

Taufik menyebut tiga sosok merupakan calon potensial untuk maju bertarung pada Pilkada DKI Jakarta.

"Pertama, saya mau urut dari abjad pandangan dan usulan saya. Saya pernah melihat berkas Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani ini kalau didorong di DKI Jakarta bisa menarik,” kata Taufik Jumat (31/12).

Taufik juga menyinggung nama Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia.

Taufik menilai calon pemimpin muda bisa menjadi alternatif terbaik sebagai calon Gubernur DKI Jakarta selanjutnya.

Rekomendasi