Klaim Siap Hadapi Anies di Pilgub Jakarta, PAN: Pilpres Saja Kita Menang

| 27 Jun 2024 17:50
Klaim Siap Hadapi Anies di Pilgub Jakarta, PAN: Pilpres Saja Kita Menang
Ketua DPP PAN Saleh Daulay. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN, Saleh Daulay mengklaim partainya siap menghadapi kubu Anies Baswedan dalam pertarungan Pilgub Jakarta 2024 mendatang.

Ia mengingatkan, pada Pilpres 2024, PAN yang saat itu mengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil mengalahkan Anies yang berduet dengan Muhaimin Iskandar.

"Ditanya apakah kurang lebih gini, berani bersaing sama Anies di DKJ (Daerah Khusus Jakarta)? Jangankan DKJ, di pilpres aja kita menang, faktanya kan menang," kata Saleh saat konferensi pers di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2024).

"Apalagi di DKJ. Jadi enggak ada masalah, kan kalau memang masih mau maju, silakan," sambungnya.

Saleh mengatakan, saat ini PAN tengah mendorong kadernya, Zita Anjani untuk maju dalam Pilgub Jakarta. Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu pun akan ditawarkan ke berbagai partai politik lain di luar kubu Anies.

"PAN punya kewajiban dorong kadernya untuk maju. Jadi kalau ditanya, kenapa Zita? Karena Zita kader PAN, jadi semua partai pasti akan dorong (internal) partainya dulu dong, nanti disimulasikan dengan partai-partai lain. Kalau cocok baru digabungkan, kan gitu. Jadi masih proses, masih panjang," jelas Saleh.

Meski tidak menyebut nama, Ketua Fraksi PAN ini lantas menyindir Anies yang bukan merupakan kader partai politik, tapi tetap ingin terus maju dalam kontestasi politik.

"Nah, sekarang yang tidak punya partai kok mencalonkan, ini kan aneh juga, yang enggak punya partai tapi ngotot selalu mencalon gitu, calon pilpres, pilgub. Nanti cawalkot lagi habis itu, ya kan," ujar Saleh.

"Jadi tenang saja, insyaAllah kita siap melawan siapapun, yang penting tujuannya bukan hanya untuk cari kemenangan, tapi untuk perbaikan Jakarta yang lebih baik dimasa yang akan datang," sambungnya.

Sebelumnya, PKS resmi menduetkan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Keputusan itu disampaikan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai, Selasa (25/6).

"Struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk diantaranya Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman," kata Syaikhu.

Selain itu, DPW PKB Jakarta juga telah mengusulkan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) di Pilkada DKI Jakarta pada November 2024. Namun, pimpinan partai ini belum mengeluarkan keputusan resmi untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu atau tidak.

Rekomendasi