Kabupaten Tangerang Dipenuhi Perusahaan Industri Pengolah B3, Tahun Ini 5 Pabrik Terbakar

| 03 Apr 2022 19:27
Kabupaten Tangerang Dipenuhi Perusahaan Industri Pengolah B3, Tahun Ini 5 Pabrik Terbakar
BPBD Kabupaten Tangerang saat sosialisasi pabrik pengolah B3

ERA.id - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Tifna Purnama menyebutkan, di wilayahnya sangat banyak perusahaan industri pengolah bahan berbahaya dan beracun (B3). Bahkan dari catatannya hingga bulan April tahun 2022 saja sudah ada 5 pabrik industri B3 yang terbakar.

"Di tahun ini hingga bulan April sudah ada sebanyak 5 perusahaan industri B3 yang terbakar akibat arus pendek. Maka dari itu pentingnya diadakan sosialisasi ini untuk lebih meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para petugas pemadam kebakaran untuk dapat memberikan upaya-upaya tanggap bencana kebakaran di industri B3," ujarnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (3/4/2022).

Lanjut Tifna, setelah diadakannya sosialisasi ini pihaknya juga akan melakukan pendataan industri B3 dan melakukan pemetaan untuk mengetahui apa saja resiko yang muncul dari beberapa industri di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Karena industri B3 ini masalah serius. Ini tidak hanya menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Kabupaten Tangerang, akan tetapi ini tanggung jawab bersama karena selain dapat berpotensi menimbulkan bencana kebakaran, ini juga dapat membahayakan lingkungan sekitar jika bahan kimia dibuang sembarangan," jelasnya.

BPBD Kabupaten Tangerang juga telah membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana Antisipasi Perubahan Iklim (PRB API) yang bertujuan untuk memberi masukan dan untuk mempermudah gerak BPBD Kabupaten Tangerang.

"Forum PRB-API telah dibentuk sejak tahun 2020 lalu, ini juga sangat erat kaitannya dengan pencemaran yang saat ini sedang marak di Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Rekomendasi