Jelang Lebaran, Dinkes Kota Tangerang Cek Kandungan Makanan di Pasar Modern Tangerang, Temukan Kandungan Formalin dan Boraks

| 25 Apr 2022 23:03
Jelang Lebaran, Dinkes Kota Tangerang Cek Kandungan Makanan di Pasar Modern Tangerang, Temukan Kandungan Formalin dan Boraks
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Dinas Perindustrian  Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindakop dan UKM) Kota Tangerang menemukan makanan berformalin dan mengandung boraks di Pasar Modern Town, Kota Tangerang.

“Hasilnya didapati dua jenis yakni tahu putih dan kuning positif Formalin. Sementara kerupuk gendar (kerupuk nasi) mengandung Boraks,” ujar Kepala Disperindakop dan UKM Kota Tangerang, Suli Rosadi, Senin (25/4/2022).

Suli menyebutkan, pengawasan ini gencar digelar sebagai upaya melindungi konsumen dari oknum pedagang yang berbuat curang. Terlebih tidak lama lagi umat Islam akan merayakan Idul Fitri.

“Ada 33 sampel yang kita ambil dari sembilan pedagang,” jelasnya.

Karena itu Suli mengimbau agar masyarakat berhati- hati dalam membeli produk makanan. Sementara kepada pedagang yang diketahui menjual produk berbahaya akan dilakukan pembinaan serta diminta  untuk tidak menjual produk tersebut.

“Selanjutnya kita akan terus dilakukan pemantauan,” katanya.

Sementara itu, Staf Infokom Balai BPOM Di Serang Sri Kasyaningsih menambahkan, pihaknya mendapatkan instruksi dari  pusat untuk meningkatkan pengawasan di tengah belanja masyarakat yang meningkat jelang Idul  Fitri.

“Jadi kami melakukan tindakan preventif dengan melakukan sampling di pasar-pasar,  maupun retail,” jelasnya.

Untuk produk yang mengandung bahan berbahaya yang ditemukan tadi, ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengedukasi agar tidak menjual bahan makanan tersebut.

“Pedagang juga  sudah menandatangani pernyataan untuk tidak menjual produk berbahaya tersebut,” ucapnya.

Rekomendasi