Anggota DPR Ingatkan Pemudik Motor: Jangan Bonceng Anak di Depan, Banyak Polusi dan Macet!

| 27 Apr 2022 19:37
Anggota DPR Ingatkan Pemudik Motor: Jangan Bonceng Anak di Depan, Banyak Polusi dan Macet!
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada 17 juta kendaraan roda dua yang akan digunakan masyarakat untuk mudik pada Lebaran tahun ini.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengimbau pemudik yang menggunakan sepeda motor tidak memasakan diri membawa anal-anak.

Dia juga mengingatkan agar pemudik tidak membonceng anaknya di depan kkarena sangat berbahaya.

"Cuaca, polusi udara dan kemacetan jalan tentu tidak cocok untuk anak-anak dibawa berkendara dengan motor. Sebaiknya jangan membawa anak mudik dengan motor. Apalagi didudukkan di depan. Itu sangat berbahaya," kata Netty melalui keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

Netty meminta para pemudik agar menyiapkan perbekalan yang memadai untuk kebutuhan anak-anak.

"Hati-hati membawa anak-anak," kata Netty.

Selain itu, politisi PKS itu meminta pemerintah agar memperhatikan kondisi pemudik anak-anak dalam perjalanan mudik Idulfitri tahun ini.

Menurut Netty, dari 85,5 juta calon pemudik, di antaranya tentu terdapat anak-anak yang perlu mendapat perhatian khusus.

"Anak-anak yang ikut mudik bersama orang tuanya perlu mendapat perhatian khusus karena mereka rentan terpapar penyakit atau keletihan. Pastikan di setiap terminal, stasiun, bandara maupun rest area yang disinggahi banyak pemudik agar tersedia tempat istirahat dan klinik kesehatan untuk kondisi darurat," pungkasnya.

Rekomendasi