Hari Pertama One Way-Ganjil Genap Tol Cikampek hingga Kalikangkung Sukses, Polisi: Sangat Efektif

| 29 Apr 2022 09:03
Hari Pertama One Way-Ganjil Genap Tol Cikampek hingga Kalikangkung Sukses, Polisi: Sangat Efektif
Dok. Antara

ERA.id - Korlantas Polri resmi memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) dan ganjil genap di ruas jalan tol mulai dari Km 47 Tol Cikampek sampai KM 414 Kalikangkung, Semarang, Kamis (28/4).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menyebutkan kondisi arus lalu lintas saat saat diberlakukan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap terpantau lancar.

"Tentu ini (rekayasa lalu lintas) kita melihat sangat efektif, sejak pukul 17.00 WIB sampai saat ini (22.30 WIB) arus lalu lintas lancar," kata Ramadhan dalam konferensi pers arus mudik Lebaran 2022 di KM 48 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (28/4) malam.

Ramadhan menerangkan, jalur sisi kiri dan kanan jalan tol terpantau lancar sejak diberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah dan ganjil genap. Tampak berbeda dengan kondisi arus lalu lintas sebelum diberlakukan rekayasa yang terjadi antrean hingga 15 km.

Sistem satu arah dan ganjil genap hari ini diberlakukan mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Setelah pukul 24.00 WIB, arus lalu lintas kembali diberlakukan dua arah. Sementara itu, rekayasa lalu lintas ini kembali akan dilanjutkan pada Jumat (29/4) mulai pukul 07.00 sampai dengan 24.00 WIB.

"Untuk hari ini tanggal 28 April diberlakukan one way ganjil genap sampai pukul 24.00. Sedangkan untuk esok dan lusa tanggal 29 dan 30 April diberlakukan one way dan ganjil genap mulai pukul 07.00-24.00 WIB," papar Ramadhan, seperti dilansir Antara.

Terkait kondisi arus lalu lintas di jalan arteri setelah rekayasa lalu lintas diberlakukan, Ramadhan menyebutkan kondisi arus lalu lintas roda empat maupun roda dua dapat dikendalikan oleh petugas.

"Laporan dari wilayah di arteri juga padat, namun sampai sejauh ini masih bisa kami kendalikan. Jadi arus lalu lintas ramai karena pengemudi kendaraan baik roda empat dan roda dua maupun kendaraan umum banyak, namun masih dapat terkendala sampai saat ini," ujarnya.

Pemberlakuan ganjil genap juga masih diwarnai kendaraan berpelat ganjil melintas di tanggal genap, menurut Ramadhan hal itu akan dievaluasi oleh petugas di lapangan, pemberlakuan one way dan ganjil genap akan dimulai dari pintu masuk tol.

"Jadi bukan setelah kendaraan masuk," kata Ramadhan.

Rekomendasi