Serba-Serbi Mudik 'Politik': Foto Ganjar Dipamer di Bus, Pemudik Pakai Kaos 'Anies Presiden'

| 04 May 2022 11:45
Serba-Serbi Mudik 'Politik': Foto Ganjar Dipamer di Bus, Pemudik Pakai Kaos 'Anies Presiden'
Kolase foto Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

ERA.id - Lebaran 2022 banyak keunikan. Bagaimana tidak, kali ini akses mudik dibuka lebar. Praktis, politisi seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo ambil bagian untuk mejeng dalam momen tahunan tersebut.

Seperti apa? Pertama mari melirik Anies. Gubernur DKI Jakarta itu turun langsung membagikan perlengkapan mudik seperti masker dan hand sanitizer.

Uniknya, misinformasi pun datang. Jubir PSI, Sigit Widodo lantas menuding kalau Anies bukan membagi masker dalam sebuah video, melainkan kaos bergambar 'Anies Presiden 2024'.

Hal ini langsung dibantah banyak orang. Sigit pun dituduh menyebarkan hoaks. "Jangan keliru. Yang dibagikan oleh Anies tersebut adalah paket handsanitizer," kata Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Tatak Ujiyati.

Di lain pihak, akun Twitter @ChusnulCh__ membagikan sebuah video yang memperlihatkan peserta mudik gratis Pemprov DKI Jakarta mengenakan kaus bertuliskan 'Anies Baswedan Presiden'.

Hal itu terlihat saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas para pemudik yang mengikuti program mudik gratis di Terminal Pulo Gebang, Rabu (27/4).

"Kok ada yang pakai kaos Anies presiden? Itu pemudik yang dengan inisiatif sendiri pakai kaos tersebut. Dia punya hak mau pakai kaos apa, kita tak bisa melarang," tambah Tatak melalui akun Twitter pribadinya @tatakujiyati.

Merespons itu, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI, Yayat Sudrajat menegaskan Pemprov DKI tidak memfasilitasi penyediaan kaus tersebut.

"Demi Allah, saya enggak pernah tahu-menahu dan tidak pernah memfasilitasi adanya kaos itu. Makanya saya juga bingung," kata Yayat, Kamis (28/4/2022) silam.

"Yang dibagikan ke peserta pemudik, setahu saya dari PMI, berupa satu tool kit untuk kesehatan. Hanya itu yang saya tahu. Tidak ada pembagian kaos," ucap Yayat.

Ganjar pamer muka di bus

Tak cuma Anies, Ganjar juga tak mau kalah dalam memanfaatkan momen Lebaran. Gubernur Jawa Tengah yang namanya digadang-gadang jadi calon terkuat di Pilpres 2024 itu, juga dipamer fotonya, di bus pemudik.

Hal itu diakui pendukung Ganjar. Katanya, Mudik Sahabat Ganjar sengaja memasang foto Ganjar di bus dan aksi itu tidak ada kaitannya dengan Pemprov Jawa Tengah yang juga bikin mudik gratis.

Program mudik gratis Sahabat Ganjar tak memakai APBD. Berikut cuitannya, "Ini mudik gratis yg kemarin dilepas pak Ganjar. Perhatikan baik2, bis dan pakaian pesertanya ga ada yg ada foto pak Ganjar. Kalo yg disebarkan buzzer Anies, ada bis dan peserta mudik bajunya ada foto pak Ganjar, itu mudik gratis yg diadakan relawan sahabat Ganjar," tutur akun Twitter @ChusnulCh__.

"He-3x, Kalau kemarin Viral Partai yg terus-menerus Memfitnah mas Anies dgn HoaX "bagi2 Kaos" (padahal itu isinya PaKes & Sudah diklarifikasi PMI langsung), Sekarang muncul Bus bertuliskan "Tujuan MUKIDI Surakarta" & Ada Fotonya mas Ganjar. Itu juga HoaX ya, Aslinya "Mudik". AMBYAR," tulis @KRMTRoySuryo2.

Rekomendasi