29.742 WNA Pengguna Visa Kunjungan Masuk ke Bandara Soetta Periode April-Mei 2022

| 07 Jun 2022 18:05
29.742 WNA Pengguna Visa Kunjungan Masuk ke Bandara Soetta Periode April-Mei 2022
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang. (Dok/Muhammad Iqbal)

ERA.id - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mencatat sebanyak 29.742 warga negara asing (WNA) pengguna Visa on Arrival (VOA) masuk ke bandara terbesar di Indonesia itu sepanjang periode April-Mei 2022.

"Kedatangan WNA pengguna VOA pada April sebanyak 7.776 orang. Sedangkan untuk Mei terdapat 21.966 orang yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, Selasa (7/6/2022).

Sedangkan untuk WNA yang menggunakan bebas visa kunjungan atau BVKW, Tito menjelaskan terdapat 4.232 orang pada April 2022. Pada Mei 2022, lanjut Tito, sebanyak 11.022 WNA tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Banyak WNA yang tiba itu memanfaatkan fasilitas keimigrasian berupa bebas visa kunjungan serta visa kunjungan saat kedatangan (Visa on Arrival) khusus wisata (BVKKW dan VKSKKW) yang diterapkan pada 6 April 2022," jelasnya.

Sementara Tito menambahkan pihaknya pun menghitung WNA yang tiba ke Bandara Soekarno-Hatta pada periode yang sama dengan menggunakan visa kunjungan.

"Terdapat 19.219 WNA yang tiba. Rinciannya, kedatangan April ada 11.269 orang dan 7.950 orang tiba pada Mei 2022.

Tito menuturkan saat ini animo masyarakat dalam melakukan perjalanan lintas negara semakin meningkat termasuk dalam permohonan penerbitan paspor. Untuk mengakomodir permintaan yang masif, pihaknya meningkatkan jumlah kuota pemohon paspor melalui aplikasi M-Paspor.

"Kami meningkatkan jumlah kuota permohonan M-Paspor. Secara detail jumlah kuota pemohon aplikasi M-Paspor di kami per harinya adalah 252 orang, sehingga dalam seminggu maka kuota yang tersedia adalah 252 x 5 (hari kerja) totalnya 1.260 orang," jelasnya.

Menurut Tito jumlah kuota pemohon itu berlaku selama Juni 2022. Adapun pendaftaran antrean dibuka setiap Jumat untuk kuota satu minggu kedepannya.

"Kami berharap dengan adanya peningkatan jumlah kuota ini bisa mengakomodir antusias masyarakat untuk berpergian. Selain itu, kami juga terus berusaha untuk meningkatkan fasilitas pelayanan di kantor, agar masyarakat merasa nyaman dan puas melakukan permohonan paspor di Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta," jelasnya.

Aplikasi M-Paspor merupakan salah satu inovasi Ditjen Imigrasi dalam mempercepat digitalisasi berkas paspor. Melalui aplikasi itu, masyarakat bisa langsung melakukan upload dokumen persyaratan dan pembayaran, sehingga saat datang ke kantor imigrasi masyarakat tinggal melakukan wawancara dan verifikasi keaslian berkas.

Rekomendasi