HUT ke-495 Kota Jakarta, Anies Baswedan: Pembangunan di Kepulauan Seribu Ditingkatkan Secara Intensif

| 22 Jun 2022 12:25
HUT ke-495 Kota Jakarta, Anies Baswedan: Pembangunan di Kepulauan Seribu Ditingkatkan Secara Intensif
Tangkapan layar - Anies Baswedan sedang berpidato di HUT ke-495 Kota Jakarta di Monas (Pemprov DKI Jakarta)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan beberapa tahun terakhir ini pembangunan di Kepulauan Seribu ditingkatkan secara intensif. Pernyataan itu ia sampaikan dalam pidato di Upacara HUT ke-495 Kota Jakarta pada Rabu (22/6/2022).

"Alhamdulillah, beberapa tahun terakhir ini pembangunan di Kepulauan Seribu ditingkatkan secara intensif sehingga kita ingin masyarakat yang tinggal di Kepulauan Seribu memiliki fasilitas dasar yang sama dengan mereka yang tinggal di kawasan daratan,” tegas Anies di hadapan peserta upacara.

Di upacara yang berlokasi di Monumen Nasional (Monas) ini, Anies secara tegas mengucapkan “Semuanya adalah Jakarta. Semuanya adalah rakyat Jakarta. Dan semuanya berhak untuk mendapatkan kesetaraan fasilitas.”

Beberapa kali Anies pamer pembangunan di Kepulauan Seribu, misal pemerataan harga sembako di kawasan daratan dan kawasan laut lewat Pasar Jaya, hingga pembangunan pipa air. 

Tema HUT Kota Jakarta kali ini adalah “Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi”. Anies menjelaskan satu per satu makna dari tema itu. Menurutnya, “Pemerintah DKI Jakarta tidak memonopoli kegiatan pembangunan. Jakarta ini tempat berkumpulnya sumber daya. [...] Di kota inilah berkumpul segala macam institusi. Karena itu, sayang sekali bila pembangunan di Jakarta hanya mengandalkan dan dimonopoli oleh Pemprov saja.” 

Kemudian, ia melanjutkan “Karena itu, pendekatan yang dilakukan adalah kolaborasi. Dan alhamdulillah perjalanan kolaborasi selama beberapa tahun ini telah menghasillkan kemajuan-kemajuan yang dirasakan seluruh masyarakat di Jakarta.”

“Tema kedua adalah akselerasi. Kita ingin lakukan percepatan agar semua aktivitasi yang kita kerjakan bisa menjangkau semua dengan cepat dan memberikan pesan bahwa Jakarta adalah Kota Global. Maka dari itu, kita sebut Elevasi, naik kelas. Jakarta bukan sekadar pusat perekonomian Indonesia, bukan sekadar sentralnya kegiatan-kegiatan kebudayaan dan pemerintahan Indonesia, tetapi Jakarta telah diakui sebagai kota yang bisa dicontoh oleh kota-kota lainnya di dunia.”

Rekomendasi