Rayakan Ultah Jakarta di JIS, Anies Banggakan Proyeknya: Kita Masuki Kota Global!

Tim Editor

Anies Baswedan sebelum mendeklarasikan Jakarta sebagai kota global pada puncak perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta di Stadion JIS, Sabtu (25/6/2022) malam. (Ilham/ERA.id)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendeklarasikan Jakarta sebagai kota global pada puncak perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (25/6/2022) malam.

"Jakarta sudah hampir memasuki usia 500 tahun dan sekarang kita bisa menyatakan pada dunia bahwa Jakarta adalah kota global," kata Anies memberikan sambutan pada.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan sejumlah indikator yang membuat Jakarta layak sebagai kota global, yakni didukung sarana berstandar internasional.


Adapun sarana yang dia sebut di antaranya stadion berstandar internasional, trotoar, pusat seni dan keseniannya, hingga fasilitas transportasi publik seperti halte dan MRT yang berstandar internasional.

"Ini adalah contoh kita memasuki kota global dan kita juga sebut global karena memanfaatkan teknologi digital," katanya.

Tak hanya itu, Anies juga memamerkan aplikasi Jakarta Kini (JaKi) yang mendapatkan penghargaan tingkat Asia Tenggara.

Panggung dalam JIS saat perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta (Ilham Apriyanto/ERA.id)


Anies melanjutkan Jakarta disebut kota global karena menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara internasional. Di antaranya menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik, Formula E.

Saat berbicara di tengah panggung di dalam JIS, Anies juga membanggakan stadion berkapasitas 82 ribu kursi itu yang dibangun megah oleh 100 persen anak bangsa sendiri.

Malam puncak HUT ke-495 DKI Jakarta ditutup di JIS dengan menghadirkan sejumlah artis Tanah Air di antaranya grup musik Wali, Ungu dan Padi.

Selanjutnya, ada Reza Artamevia, Mahalini, Lea Simanjuntak, Saykoji dan Kojek yang dipandu pembawa acara Astrid Tiar dan Choky Sitohang.

Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB. Walau digelar pada malam hari, ribuan warga sudah memadati JIS sejak Sabtu sore. Mereka yang ingin masuk ke JIS untuk menyaksikan malam puncak Jakarta Hajatan 495 harus memiliki gelang khusus yang diperoleh dari aplikasi Jak Lingko.

Saat ERA berada di lokasi, terlihat ada dua panggung yang disediakan, yaitu outdoor stage dan indor stage.

Tag: anies baswedan DKI Jakarta hut dki jakarta pemprov dki jakarta stadion jis Jakarta International Stadium

Bagikan: