Dikerumuni The Jakmania, Anies Banggakan JIS: Maaf, Kami Mengecewakan Mereka yang Pesimis!

| 25 Jul 2022 19:57
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai atribut The Jakmania di Stadion JIS, Minggu (24/7/2022). (Ilham Apriyanto/ERA.id)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan semringah membanggakan proyeknya stadion yang disebutnya mahakarya, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Dikelilingi suporter Persija Jakarta atau The Jakmania saat memberikan sambutan di tengah lapangan JIS, Anies mengungkapkan kebahagiannya, sebab janjinya yang ditunggu-tunggu akhirnya terealisasi.

"Hari ini janji itu dibayar tunai. Tempat ini membuktikan mimpi itu bisa dicapai lewat kerja keras, kerja tuntas. Mimpi yang oleh sebagian ditanggapi dengan pesimis. Mohon maaf kami sampaikan, kami mengecewakan mereka yang pesimis," terang Anies saat Grand Launching JIS, Minggu (24/7/2022) kemarin.

Setelah itu, Anies juga meminta secara khusus bagi The Jakmania agar bisa berperilaku seperti pendukung kelas dunia dengan menjaga fasilitas.

"Kami harap The Jakmania menjadi penjaga semangat pemain di lapangan. Saya serahkan JIS kepada The Jakmania, warga Jakarta dan Indonesia. Jaga baik-baik, ini rumah kita, tempat mempersatukan kita," kata Anies.

Anies mengatakan bahwa jabatannya akan tuntas dalam tiga bulan mendatang atau Oktober 2022. Setelah itu mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tidak menjabat sebagai Gubernur DKI, tapi menjadi anggota The Jakmania.

"Jaga stadion kita, jaga kebanggaan, kasih tunjuk bahwa bukan hanya stadion megah, tapi suporternya menjadi teladan bagi semua," tutur Anies.

Sebelumnya, sejumlah suporter Persija Jakarta sibuk memanjat pagar tribun JIS hingga roboh pada Minggu sore. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah memperingatkan oknum suporter tidak bertanggung jawab itu, namun tidak menggubris peringatan tersebut.

Akhirnya, pagar di sisi utara stadion tingkat dunia tersebut pun roboh di penghujung waktu penyanyi Virzha tampil membawakan tembang berjudul "Kangen" karya grup band Dewa 19.

Pagar besi berwarna putih itu roboh beserta kanopinya lantaran diduduki oleh para penonton acara tersebut. Pagar tersebut menjadi pembatas antara penonton dengan lapangan, tepatnya di belakang gawang.

Sejak awal acara, puluhan penonton terpantau sudah menaiki pagar pembatas tersebut. Tak cuma itu, kanopi yang tersambung dengan pagar pembatas itu juga terpantau diinjak-injak oleh para penonton beratribut The Jakmania yang hendak naik ke tribun.

Dari peristiwa robohnya pagar pembatas tribun JIS ini, terpantau dari kejauhan seorang penonton jatuh tersungkur di belakang gawang. Hal itu membuat petugas Satpol PP langsung menggotong penonton yang terjatuh tadi dan membawa ke tim medis.

Rekomendasi