Termasuk Lingsir Wengi, Ini 5 Lagu Seram yang Dipercaya Pemanggil Setan

Tim Editor

Horor (Foto: Pexels/Danniel González)

ERA.id - Mendengarkan musik dipercaya menjadi relaksasi dan cara ampuh menenangkan pikiran. Selain itu, mendengarkan musik dipercaya dapat meredakan stres secara efektif dan memperbaiki mood jadi lebih baik. Namun, bagaimana jika lagu yang kamu dengar menyimpan misteri yang konon bisa mendatangkan mahluk halus. 

Konon, lagu tersebut dihadiahkan kepada para mahluk halus dan saat disenandungkan. Maka, mereka yang mendengar akan segera datang menghampiri. Bahkan, ada lagu yang tanpa disadari salah satunya sering dinyanyikan. Dilansir dari kanal YouTube Aldifa Media, berikut 5 lagu yang dipercaya pemanggil mahluk halus:

1. Lingsir Wengi

Lagu "Lingsir Wengi" memang kental dengan nuansa horor yang bikin bulu kuduk merinding. Lagu "Lingsir Wingi" mulai terkenal pada tahun 2006. Saat itu, film horor Indonesia berjudul "Kuntilanak" menggunakan lagu ini  sebagai soundtrack film. Konon, lagu ini dipercaya bisa memanggil kuntilanak yang ada disekitar kita.

Menurut sejarah, lagu ini diciptakan oleh Sunan Kalijaga pada 1450 SM sebagai lagu keagamaan untuk menolak bala dan makhluk halus. Semasa hidupnya, Sunan Kalijaga biasa senandungkan setelah melakukan salat malam karena isinya menyiratkan doa pada Tuhan. Namun, karena ada perbedaan interpretasi makna (terutama di film), lagu ini dimaknai lagu pemanggil setan dan punya imej menyeramkan.

2. Nina Bobo

Film Nina Bobo (Foto: Instagram/@josepoernomo)

Lagu "Nina Bobo" terdengar lembut dan sangat menenangkan. Namun, siapa sangka rupanya lagu ini menyimpan banyak kisah misteri. Lagu "Nina Bobo" tidak sedamai apa yang dibayangkan, karena ada misteri melatarinya dan cerita kelam. Konon, Nina adalah sapaan sayang seorang anak perempuan blasteran Belanda Indonesia. Nama aslinya adalah Helenia Mustika van Rodjnik. 

Helenia susah tidur dan setiap malam Mustika selalu menyanyikan penggalan lagu "Nina Bobo". Setiap dinyanyikan lagu itu, Helenia tidur terlelap. Diusianya 6 tahun, ia meninggal dunia. Sejak saat itu munculah kejadian tragis yang menimpa keluarga Helenia. Mulai dari gangguan mahluk halus sampai akhirnya meninggal dunia.

3. Selamat Malam (Malam Satu Suro)

Film Malam Satu Suro (Foto: Instagram/@themoodscapes)

Malam Satu Suro adalah ritual yang dilakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat Jawa sampai saat ini. Sekilas, dari penggalan lirik lagu memang tidak ada yang aneh ataupun makna menyeramkan. Malahan, lirik terkesan seperti lagu cinta pada umumnya.

Namun, banyak masyarakat yang percaya lagu Malam Satu Suro mengandung mistik saat dinyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana. Karakter dan kesan mistis dari mendiang Suzana sangat melekat dalam lagu ini. Lagu selamat malam dipopulerkan oleh Vina Panduwinata. Pada film Malam Satu Suro, mendiang Suzanna yang berperan sebagai Sundel Bolong menyanyikan lagu ini sembari bermain piano.

4. Takdir

Rupanya ada lagu Indonesia yang kabarnya dapat mempengaruhi pikiran ke arah negatif dan terkesan merusak, yakni lagu "Takdir". Lagu ini sempat menghebohkan di tahun 2012 silam. Kabarnya, ketika menyanyikan lagu ini, maka hantu wanita bernama Lita akan datang. Siapa pencipta lagu "Takdir" masih jadi misteri. Tetapi, beberapa sumber bilang lagu ini ditulis oleh seorang musisi asal Pati bernama Ryo Dito.

Konon, lagu berjudul "Takdir" diambil dari kisah nyata dari hantu bernama Lita. Saat, kita menyanyikan lagu ini di malam hari kabarnya kita akan didatangi oleh seorang hantu wanita dan diganggu. Selain itu, konon saat mendengarkan lagu ini, pikiran jadi tak terkontrol hingga kerasukan karena pikiran kosong.

5. Tinggal Kenangan

Diera tahun 2007-2008, pasti kamu tahu lagu berjudul "Tinggal Kenangan" yang sangat booming sekali kala itu. Selain liriknya yang bikin perasaan campur aduk. Kisah dalam penggalan lirik lagu bisa bikin bulu kuduk merinding. Pasalnya hingga lagu itu booming, wujud pemainnya belum diketahui. 

Banyak yang percaya, sosok gadis yang menyanyikan lagu tersebut bernama Gaby dan sudah meninggal. Lalu mitos lainnya mengatakan apabila kamu mendengarkan lagu ini saat malam hari.

Maka, kamu bakal didatangin sama hantunya Gaby. Dari cerita yang beredar, lagu yang dinyanyikan Gaby karena dia baru saja kehilangan pacarnya yang tewas akibat kecelakaan. Namun, karena kesedihan yang terlalu mendalam membuat Gaby memutuskan untuk menyusul pacarnya dengan melakukan bunuh diri.

Tag: horor lingsir wengi

Bagikan: