Kronologi Kontroversi Lai Guanlin, Terciduk Merokok dan Meludah Sembarangan

Tim Editor

Lai Guanlin (Instagram)

ERA.id - Mantan member Wanna One, Lai Guanlin tuai kritik pedas dari netizen usai kontroversi yang ia perbuat. Ia terciduk merokok dan meludah sembarangan di jalanan. 

Nama Lai Guanlin menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen maupun penggemarnya sendiri pada Rabu (25/11/2020). Ia menerima banyak kritik sekaligus hujatan dari netizen usai tertangkap kamera dalam keadaan merokok. 

Meski sudah meminta maaf dan menyesali perbuatannya, para penggemar masih tak terima dengan aksi dan perbuatannya. 

Berikut kronologi kontroversi yang menimpa Lai Guanlin. 

1. Terciduk Merokok

Pada Rabu (25/11/2020) sebuah akun di media sosial Weibo membagikan video dari Lai Guanlin di jalanan. Sekilas cuplikan itu terlihat biasa aja, namun saat menyorot ke arah tangan, mantan member Wanna One ini terciduk sedang memegang rokok atau alat hisap. 

Sebenarnya kasus merokok yang dilakukan oleh Lai Guanlin ini tidak jadi fokus utama yang dipermasalahkan. Apalagi usia Guanlin yang sudah cukup umur di China untuk merokok. 

2. Meludah Sembarangan

Dalam video lainnya ia kedapatan meludah sembarangan sebanyak dua kali saat berjalan dengan seorang temannya. Perbuatan ini lah yang akhirnya memicu kemarahan publik ke mantan member Wanna One itu. 

3. Minta Maaf Tapi Kembali Tuai Kritikan

Lai Guanlin pun langsung menulis surat permintaan maaf di akun Weibo pribadinya. Dalam surat itu ia mengatakan dirinya menyesal dan siap menerima kritik. 

“Saya sangat menyesal, sebagai figur publik, saya tidak bertindak dengan batasan yang lebih baik, dan menunjukkan perilaku yang salah. Saya akan menerima kritik semua orang terhadap saya, belajar dari ini, dan tidak akan mengulanginya lagi,” tulis Guanlin, dikutip Koreaboo, Rabu (25/11/2020). 

Sayangnya permintaan maaf itu kembali menuai kritik dari publik. Banyak orang yang marah dan meminta Guanlin harus menjalani hukuman. 

4. Diminta Menjadi Petugas Kebersihan

Kesalahan yang diperbuat Lai Guanlin ini terjadi di jalan umum, yang membuat sebagian publik memintanya untuk menjadi petugas kebersihan. 

Lai Guanlin diminta untuk bekerja sebagai petugas kebersihan dan membersihkan jalanan akibat perbuatannya. 

“Pergi menyapu jalanan, kamu!” tulis seorang netizen. 

“Bisakah kamu lebih 'terbangun'? Bangun pagi untuk pergi dan menyapu jalanan. Saya pikir Anda membutuhkan sedikit angin dingin untuk membangunkan Anda,” tulis yang lainnya. 

"Pergi dan menjadi sukarelawan untuk beberapa pekerjaan, mengerti?" timpal yang lain.

5. Tulis Surat Kedua Kali dan Minta Maaf

Merasa kurang tepat dan pantas saat meminta maaf pertama kali, penyanyi 19 tahun itu kembali menulis surat dan meminta maaf ke publik serta penggemar. 

Surat permintaan maaf itu diawali dengan pernyataan Guanlin untuk memakai tanda baca yang baik dan benar. 

“Halo semuanya, saya Lai Guanlin. Untuk lebih mencerminkan diri saya melalui pernyataan ini, saya akan menggunakan tanda baca yang tepat untuk menunjukkan ketulusan saya,” tulis Lai Guanlin di akun Weibo. 

Kemudian ia minta maaf dan menyesali tindakannya yang menyebabkan orang-orang disekitarnya tersakiti. 

“Saya sangat menyesal telah menyakiti orang yang mencintai saya dengan semua yang terjadi hari ini. Saya harus menahan diri pada standar tinggi bahkan di tempat di mana tidak ada yang bisa melihat saya,” lanjutnya. 

Kemudian bintang film A Little Thing Called First Love itu berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan berjanji untuk menjadi lebih baik di masa depan. 

“Untuk melakukan sesuatu yang sangat tidak pantas, itu adalah sesuatu yang perlu saya ubah dan perbaiki. Saya akan mengingat hal ini, bertobat dan berubah,” ungkapnya. 

Selain itu ia juga menyampaikan permintaan maaf untuk para penggemar yang telah mendukungnya, serta keluarga besarnya yang mungkin kecewa dengan tindakannya. 

Selain menyampaikan permintaan maaf, Lai Guanlin juga memberi kabar terbaru terkait kariernya di masa depan. Ia mengatakan saat ini belum ada kabar baik dalam waktu dekat. 

“Tetapi pada saat ini dalam hidup saya, saya ingin menjadikan karier saya sebagai prioritas dan bekerja keras,” tutupnya. 

Tag: kpop Lai Guanlin Lai Guanlin Wanna One

Bagikan: