Konten Audio Andalan Bagi Millenial dan Gen Z, Tiga Kategori Podcast Ini Jadi Favorit Para Pendengar

| 29 Sep 2021 07:02
Konten Audio Andalan Bagi Millenial dan Gen Z, Tiga Kategori Podcast Ini Jadi Favorit Para Pendengar
Podcast (Foto: Unsplash/Co Women)

ERA.id - Seiring dengan pertumbuhan konsumsi konten dalam medium digital di Indonesia yang kian meningkat. Pertumbuhan konsumsi media digital di Indonesia mengalami pertumbuhan yang kian pesat, terlebih di saat pandemi.

Pertumbuhan ini umumnya terjadi diberbagai platform digital seperti media sosial, online video, games, news, dan audio streaming content. Salah satu konten audio yang paling banyak disukai saat ini adalah podcast. Kaum millennial dan gen Z pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya podcast.

"Indonesia adalah salah satu negara dengan pendengar podcast terbanyak. 51 persen masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan podcast. Akses terhadap audio streaming meningkat 108 persen," ungkap Rado Yanu Ardian, Chief Executive Officer (CEO) NOICE melalui acara Virtual Media Gathering Peran Platform Audio Lokal dalam Kembangkan Ekosistem Konten Audio di Indonesia pada Selasa (28/9/2021)

"Akses terhadap audio streaming non musik seperti podcast, relatif masih menjadi industri yang baru. Pertumbuhannya pesat namun belum mencapai maturity stage," lanjutnya.

Menurutnya, podcast dan audio masik terus bertumbuh, namun platform penyedia konten audio non-musik yang berkualitas di Indonesia masih terbatas.

"NOICE menghadirkan ragam konten audio lokal berkualitas dengan fitur multi-vertikal terlengkap. NOICE ingin menciptakan ekosistem konten audio di Indonesia lewat konten yang menghibur dan menginspirasi serta memfasilitasi kreator di Tanah Air untuk berkreasi dengan maksimal serta terkoneksi dengan fans dan komunitas," katanya.

Menurutnya, tren pendengar konten audio di Indonesia adalah pengguna paling banyak mendengarkan konten pada aplikasi NOICE dimalam hari. Pengguna umumnya mendengarkan konten audio saat berkegiatan screenless dan multitasking seperti pekerjaan rumah, berkendaraan, menyetir, olahraga atau belajar.

"Rata-rata waktu pengguna mendengarkan konten setiap harinya (Daily Average Users) lebih dari 60 menit. Jenis profesi pengguna NOICE secara garis besar adalah pelajar, mahasiswa, fresh graduates, karyawan, pekerja dan ibu rumah tangga," ucapnya.

Konten audio bergenre ringan seperti komedi, horor, hobi menjadi favorit para pendengar. Dengan konten yang beragam, NOICE hingga saat ini mencatat total waktu pengguna mendengarkan konten di aplikasi NOICE telah mencapai lebih dari 1 miliar menit.

"Genre favorit adalah komedi, horor, dan hobi. Podcast menjadi pilihan vertical favorit yang didengarkan oleh pengguna aplikasi NOICE." tambahnya.

Tags : podcast
Rekomendasi