Video Ariel NOAH Bahas Hak Cipta Lagu Viral, Netizen Sentil Tri Suaka dan Zinidin Zidan

Ariel NOAH (Instagram/arielnoah)

ERA.id - Tri Suaka dan Zinidin Zidan kembali kena sentil netizen usai video lama Ariel NOAH yang memberi pesan kepada para musisi cover kembali viral. Pada video tersebut, Ariel berbincang dengan Anji Manji membicarakan hak cipta lagu milik musisi yang tidak bisa digunakan sembarangan.

Ariel menjelaskan bahwa pemberian izin untuk melakukan cover lagu dari musisi asli itu berbeda dengan mengambil keuntungan. Ia menjelaskan bahwa meskipun sudah diizinkan bukan berarti keuntungan video cover untuk mereka.

"Itu namanya hak cipta. Ada yang beranggapan kadang-kadang bahwa asal minta izin, orangnya bilang boleh berarti keuntungan semua buat dia," kata Ariel, di YouTube Dunia Manji.


Vokalis band NOAH itu menjelaskan bahwa memperdengarkan lagu milik orang lain itu tidak boleh secara sembarangan.

"Pada saat kita beli CD, kaset, atau download lagu secara legal itu haknya, cuma buat pribadi. Pada saat kita memperdengarkan lagu ke orang banyak, itu sudah bukan haknya," jelas Ariel.

Ariel mengatakan untuk memperdengarkan lagu orang lain di YouTube itu memang harus ada izin. Untuk pengambilan keuntungan dari video juga ada aturan yang berlaku, karena permasalahan sudah ke hak cipta lagu milik si musisi asli.

"Kita nggak berhak memperdengarkan ke orang banyak, apalagi di YouTube. Nah, itu memang harus ada izinya. Enggak bisa gitu (sembarang memonetisasi lagu orang lain), ada aturannya itu," pungkas Ariel.

Sontak video Ariel membahas hak cipta lagu ini pun disorot publik. Banyak netizen yang menyentil Tri Suaka dan Zinidin Zidan yang terkenal dengan cover lagu dari musisi lain. Terlebih baru-baru ini keduanya bermasalah karena parodikan gaya bernyanyi Andika Kangen Band, dan ditegur Erwin Agam karena memonetisasi lagunya tanpa izin.

"Tuh dengerin @zinidinzidan @trisuakareal," ucap netizen.

"Harus dipahami oleh para musisi cover nih @trisuakareal," kata yang lainnya.

"Nah kan jadi panjang nih pembahasannya krn yg onoh viral, musisi cover keseret semua," sambung netizen lain.

Tag: tri suaka Zinidin Zidan ariel noah hak cipta lagu

Bagikan: