PAN Ikut Senang Dengar Isu Jokowi Endorse Erick Thohir untuk Pilpres 2024: Erick Akan Makin Dikenal dan Diminati

| 09 Aug 2022 18:36
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengaku senang jika isu Presiden Joko Widodo mempromosikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, hal itu akan meningkatkan tren elektabilitas Erick Thohir.

Yandri mengungkapkan, selama ini PAN sangat dekat dengan Erick Thohir, bahkan meliriknya sebagai capres 2024. Erick Thohir merupakan salah satu nama yang paling banyak diusulkan kader PAN di daerah untuk dicalonkan sebagai presiden maupun wakil presiden 2024.

"Kalau Pak Erick di-endorse oleh Pak Jokowi, kami tentu merasa senang. Kami merasa semakin membuat Pak Erick lebih dikenal dan diminati," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Menurut Yandri, Erick Thohir merupakan salah satu nama yang paling banyak diusulkan kader PAN di daerah untuk dicalonkan sebagai presiden maupun wakil presiden 2024.

"Adapun nama Pak Erick muncul, namanya di semua kabupaten dan kota. Di hampir semua wilayah. Tapi saya tidak tahu secara detail. Tapi di semua kabupaten dan kota selalu memunculkan pak Erick Thohir," kata Yandri.

Meski begitu, PAN belum memutuskan siapa nama capres 2024 yang akan dipilih dan diusulkan kepada partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yaitu Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Kalau itu belum kami putuskan, belum. Itu ada mekanisme di PAN, dan itu masih panjang dalam proses perjalanan," kata Yandri.

Spekulasi Presiden Jokowi mempromosikan Erick Thohir untuk Pilpres 2024 muncul setelah momen kebersamaan antara Jokowi, Erick, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranomo di car free day (CFD), Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (7/8).

Erick dan Gibran kompak mengenakan polo shirt olahraga berwarna putih dengan celana berwarna hitam. Sedangkan Ganjar hadir dengan kaos bertuliskan Kagama yang merupakan akronim dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama).

Sementara orang nomor satu di Indonesia tampil sporty dengan jaket olahraga berwarna merah bertuliskan G20 Indonesia.

"Mencari keringat bersama Pak Jokowi, Mas Gibran, dan Mas Ganjar di Solo Car Free Day pagi ini," ujar Erick di Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (7/8/2022) pagi.

Rekomendasi