Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Pekarangan Rumah, Jokowi: Sehingga Tidak Ada yang Namanya Kekurangan dan Kenaikan Harga Cabai

| 11 Aug 2022 12:25
Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Pekarangan Rumah, Jokowi: Sehingga Tidak Ada yang Namanya Kekurangan dan Kenaikan Harga Cabai
Jokowi (Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat memanfaatkan lahan di pekarangan rumah untuk menanam cabai. Menurutnya, cabai bisa ditanam melalui media polybag.

"Urusan cabai. Urusan ini harusnya rumah tangga di desa-desa itu bisa nanam, di polybag atau di pekarangan," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekeetariat Presiden, Kamis (11/8/2022).

Menurut Jokowi, kelangkaan hingga kenaikan harga cabai bisa dihindari apabila masyarakat mulai menanam sendiri di rumahnya.

"Sehingga tindak ada yang namanya kita ini kekurangan cabai, atau harga cabai naik drastis," kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi mengungkapkan saat ini pemerintah melalui Kementerian Pertanian juga sedang mengelola lahan-lahan yang kurang produktif untuk ditanami berbagai macam tanaman pangan.

Hal ini, kata Jokowi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menghadapi krisis pangan. Berdasarkan informasi yang dimilikinya, diperkirakan akan ada 300 juta orang yang akan kekurangan pangan dan dilanda kelaparan, jumlah ini diprediksi bisa bertambah hingga 800 juta orang jika tidak segera ada solusinya.

"Inilah kenapa kita ingin lahan-lahan yang tidak produktif itu diproduktifkan," kata Jokowi.

"Ini yang baru dikerjakan oleh Kementerian Pertanian, dan lahan-lahan yang tidak produktif ditanami seperti yang kita lakukan," ucapnya.

Rekomendasi