Gubernur Edy Perintahkan ASN Pemprov Sumut Tanam Cabai di Rumah

| 02 Sep 2022 20:02
Gubernur Edy Perintahkan ASN Pemprov Sumut Tanam Cabai di Rumah
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. (Ilham/ERA).

ERA.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memerintahkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk menanam cabai di rumah masing-masing dalam upaya mengantisipasi ancaman krisis pangan.

Perintah itu disampaikan Edy saat memberi kata sambutan di acara Pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemprov Sumut, yang berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (2/9/2022).

Edy meminta seluruh ASN di lingkungan Pemprov Sumut menanam cabai merah dan cabai rawit di pekarangan atau halaman rumah masing-masing minimal 10 polybag.

“Saya sudah memerintahkan kepada eselon II, para asisten, staf ahli dan juga Sekda. Seluruh ASN di rumahnya harus ada polybag-polybag minimal 10 buah, untuk menanam cabai merah dan cabai rawit,” ucapnya.

Edy kemudian menyampaikan alasannya mengapa memerintahkan seluruh ASN Pemprov Sumut untuk menanam cabai di rumah masing-masing.

Menurut mantan Pangkostrad itu ancaman krisis pangan seperti kekurangan pasokan cabai merah, cabai rawit dan bawang merah diprediksi akan terjadi pada bulan November hingga Desember 2022 mendatang.

“Untuk itu, TNI Polri juga akan saya sampaikan. ASN, semuanya saya minta lakukan ini, awasi. Dan pastikan kalian semua melakukannya dengan serius. Kalian rawat, dan tiga bulan yang akan datang pada saat orang kesusahan bahan pokok yang saya sebutkan tadi, sudah ada di rumah kalian,” tegasnya.

Edy berharap langkah gerakan tanam cabai di lingkungan ASN Pemprov Sumut tersebut dibuat agar tidak membebani kepetingan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Apalagi dia menyebut prediksi krisis pangan datang bersama dengan isu kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang akan memengaruhi semua sektor.

"Waspada kita, dan terus ingatkan anak-anak kita, masyarakat, untuk kita tetap tawakal, tawadu, jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas," pintanya.

Selain itu, Edy juga berharap masyarakat Sumut turut melakukan gerakan tanam cabai tersebut di pekarangan rumah masing-masing. Mantan Ketua Umum PSSI itu berharap agar hal itu dapat meringankan kondisi krisis pangan yang diprediksi bakal terjadi.

“Syukur-syukur rakyat juga ikut melakukan hal yang sama. Karena dengan krisis pangan ini, langsung menyulitkan kita,” pungkasnya.

Rekomendasi