Diperiksa Komnas HAM, Ferdy Sambo Akui Jadi Aktor Utama Pembunuhan Brigadir J

| 12 Aug 2022 18:55
Irjen Pol Ferdy Sambo (Instagram)

ERA.id - Komnas HAM telah selesai melakukan pemeriksaan ke mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan Ferdy Sambo mengakui bahwa dirinya adalah aktor utama dalam pembunuhan Brigadir J.

"Pertama adalah pengakuan saudara FS bahwa dia adalah aktor utama dari peristiwa ini. Itu yang pertama tadi disampaikan," kata Ahmad Taufan Damanik saat konferensi pers di Mako Brimob Kota Depok, Jumat (12/8/2022).

Taufan menambahkan Ferdy Sambo juga mengakui bahwa dirinya merekayasa kematian Brigadir J. Rekayasa yang dimaksud adalah mengubah kejadian sebenarnya, yakni dari pembunuhan menjadi peristiwa tembak menembak.

"Yang kedua, dia mengakui bahwa sejak awal bahwa dialah yang melakukan langkah-langkah untuk merekayasa, Mengubah, atau mendisinformasi beberapa hal sehingga pada tahap-tahap awal misalnya, yang terbangun konstruksi ceritanya atau peristiwanya, tembak menembak, kan begitu," tambahnya.

"Tapi kemudian diakuinya itu adalah hasil rancangan dia sendiri dan dia mengakui bersalah dalam tindakannya yang merekayasa itu," sambungnya.

Lebih lanjut, Taufan menerangkan pemeriksaan kepada Ferdy Sambo dilakukan di satu ruangan khusus. Ferdy Sambo, kata Taufan, mengaku bersalah dan memohon maaf kepada seluruh pihak.

Sebelumnya, Komnas HAM batal memeriksa Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, kemarin. Namun hari ini, Komnas HAM dipastikan dapat memeriksa Ferdy Sambo.

"Hari ini Komnas HAM akan periksa FS dan RE (Bharada E) di Mako Brimob," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Jumat (12/8/2022).

Dedi menambahkan pemeriksaan ini akan dilakukan pukul 15.00 WIB nanti. Dia menjelaskan pemeriksaan Ferdy Sambo dan Bharada E dilakukan di satu tempat agar praktis.

"Jadi pemeriksaan FS sama Bharada E dijadikan satu di tempatnya di sana biar nggak bolak-balik," ucapnya.

"Ya biar lebih praktis (Ferdy Sambo dan Bharada E diperiksa sama-sama)," imbuh Dedi.

Rekomendasi