Di Hadapan Mendag Zulhas, Ketua DPR: Jangan Terjadi Lagi Kelangkaan Minyak Goreng di Negeri Sendiri

| 16 Aug 2022 12:32
Di Hadapan Mendag Zulhas, Ketua DPR: Jangan Terjadi Lagi Kelangkaan Minyak Goreng di Negeri Sendiri
Puan Maharani (Dok. DPR)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar kelangkaan minyak goreng tidak terjadi lagi di Tanah Air. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil crude palm oil atau minyak kelapa sawit (CPO) terbesar di dunia.

Hal itu disampaikan Puan dalam Sidang Tahunan MPR RI 2022 bersama DPR RI dan DPD RI. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

"Ke depan, jangan terjadi lagi permasalahan seperti kelangkaan minyak goreng di negeri sendiri yang merupakan negara penghasil CPO terbesar di dunia," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Pemerintah, kata Puan, harus meningkatkan produktivitas dan industri pangan, serta memperkuat kesejahteraan petani. Puan menegaskan, pemerintah harus bisa berdiri di atas kaki sendiri. Dia mengingatkan, jangan sampai Indonesia hanya menjadi sasaran pasar produk luar negeri saja.

"Kita tidak ingin hanya menjadi sasaran pasar dari produk luar negeri. Kita ingin dapat berdikari di bidang ekonomi melalui industri nasional," kata Puan.

Mantan Menko PMK itu juga menekankan, masyarakat Indonesia tidak boleh hanya menjadi kuli di negeri sendiri. Melainkan harus bangga menggunakan produk dalam negeri.

"Kita juga tidak ingin bangsa Indonesia hanya menjadi kuli di negerinya sendiri. Kira harus bangga menggunakan produk anak bangsa," tegas Puan.

Rekomendasi