Bambang PDIP Dilapor ke MKD Usai Sindir Mahfud MD, Habiburokhman: Hak Bicara Kok Dipersoalkan?

| 17 Aug 2022 10:40
Bambang PDIP Dilapor ke MKD Usai Sindir Mahfud MD, Habiburokhman: Hak Bicara Kok Dipersoalkan?
Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto diapit Hasto Kristiyanto (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman akan mengusulkan untuk menolak laporan terhadap Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto.

Adapun Bambang dilaporkan ke MKD terkait pernyataannya yang dinilai menyindir Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Kalau saya, nanti di rapat besok saya usulkan tentu kita tolak laporan yang seperti ini," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

MKD sendiri telah menerima laporan Koordinator Sahabat Mahfud Ferry Harahap terhadap Bambang. Kata Habiburokhman, pernyataan Bambang adalah menjalankan salah satu tugasnya sebagai wakil rakyat.

Dia menilai, masyarakat perlu diedukasi sebelum melayangkan laporan yang salah sasaran. "Sudah terima, saya udah baca ya. Saya pikir ini orang-orang seperti ini kan perlu diedukasi. Masa orang ngomong menjalankan hak konstitusinya dilaporkan ke MKD," katanya.

Habiburokhman menegaskan, laporan terhadap Bambang ke MKD sama sekali tidak beralasan. Menurutnya, kritikan Bambang terhadap Mahfud sudah tepat.

"Haknya Pak Bambang kok bicara, kok dipersoalkan? Jadi sangat tidak beralasan. Menegakkan haknya, menggunakan hak konstitusional kok malah dilaporkan. Justru ini yang bagus, kurang keras malah," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) oleh Ferry Harahap dari Sahabat Mahfud.

Pelaporan ini terkait pernyataan Pacul yang menyebut Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai 'Menteri Komentator'.

Dari salinan dokumen yang diterima ERA, laporan itu dilayangkan ke MKD pada Senin (15/8/2022). Pada poin pokok pengaduan disebutkan, pelaporan itu terkait komentar Pacul yang meyebut Mahfud MD sebagai 'Menteri Komentator' atas kasus pebembakan Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

"Kita sangat menyayangkan pernyataan dari Ketua Komisi III, Bapak Bambang Wuryanto ini, karena selayaknya sesama pejabat negara saling mendinginkan suasana dengan memberi pernyataan yang menyejukkan kita semua," kata Ferry melalui keterangan tertulis, Senin (15/8).

Rekomendasi