Hari Merdeka Indonesia, Megawati Gaungkan Revolusi Mental, Kenang Ucapan Bung Karno

| 17 Aug 2022 11:33
Hari Merdeka Indonesia, Megawati Gaungkan Revolusi Mental, Kenang Ucapan Bung Karno
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan, kemerdekaan yang telah diraih Indonesia selama 77 tahun, harus terus dilanjutkan dengan adanya revolusi mental.

Pesan ini disampaikan Megawati kepada para kader PDI Perjuangan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022). "Kemerdekaan secara politik harus dilanjutkan dengan revolusi mental melalui yang disebut oleh Bung Karno itu nastional character building," kata Megawati.

Mengutip Presiden pertama RI Soekarno, Megawati mengatakan bahwa kemerdekaan merupakan jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya.

"Kita merdeka bukan hanya untuk merdeka, kemerdekaan Indonesia dikatakan oleh Bung Karno sebagai suatu jembatan emas dan di seberang jembatan emas itulah seluruh bangsa Indonesia berjuang mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur," kata Megawati.

Dalam upaya ini, Pancasila sebagai dasar dan sekaligus bintang pengarah masa depan, harus dibumikan dalam seluruh aspek kehidupan. Sebab tanpa Pancasila tidak akan pernah ada NKRI.

Menurut Megawati, Indonesia adalah sebuah negara besar, negara archipelago, tanah air. Maka semangat Proklamasi mengajarkan tentang pentingnya tekad, untuk berani meletakkan nasib bangsa dan Tanah Air di tangan kita sendiri.

“Hanya bangsa yang berani meletakkan nasib bangsa dan nasib Tanah Air di tangan kita sendiri, akan berdiri dengan kuatnya,” kata Megawati.

“Jalan Indonesia yang berdiri di atas kaki sendiri tersebut, akan dapat diwujudkan, sekiranya seluruh anak bangsa berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengembangkan riset dan inovasi,” tegas Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) tersebut.

Megawati mengajak seluruh takyat Indonesia, khususnya para kaum muda, untuk menyatukan tekad perjuangan bagi Indonesia maju, unggul, dan abadi.

“Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Jayalah Indonesia Raya!! Merdeka!!! Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Satukan tekad perjuangan bagi Indonesia maju, unggul, dan abadi,” pungkas Presiden ke-5 RI.

Rekomendasi